RANCAH POST – Entah Anda sadar atau tidak, bahwa selama ini layanan pesan instan WhatsApp telah memakai emoji milik Apple selama bertahun-tahun. Ada banyak alasan dibalik pemakaian emoji Apple ini, namun yang pasti itu bukanlah tindakan ilegal.

Dengan kata lain, penggunaan emoji Apple di WhatsApp ini atas dasar dari raksasa teknologi asal Cupertino tersebut.

Namun belakangan perusahaan yang bernaung di bawah nama Facebook tersebut tampaknya ingin mengurangi ketergantungan mereka terhadap perusahaan lain, termasuk Apple.

Buktinya, kini mereka dikabarkan sudah membuat emoji sendiri, yang telah tersedia dan mulai bisa dipakai pada versi Android Beta terbaru.

Menariknya, emoji ini tampak mirip dengan emoji milik Apple. Padahal, meski memang menggunakan dasar yang sama, WhatsApp sudah mencampurnya dengan sedikit sentuhan emoji Twitter, dan aksen emoji Android Oreo, untuk menghindari kemiripan berlebih.

Namun bagaimanapun sepertinya mereka tidak bisa lari dari masa lalu. Selain sudah akrab dengan pengguna WhatsApp, beberapa netizen masih ada yang nyinyir dengan hal ini.

Pada dasarnya, kumpulan emoji WhatsApp ini didasarkan pada instruksi Unicode, agar tidak mengalami masalah lintas platform, namun sebagian pengamat tetap menilai, bahwa emoji mereka ini terlalu mirip.

BACA JUGA : 

Semoga saja tidak ada malang melintang, termasuk gangguan masalah hak paten dari Apple dalam pengembangan emoji ini.

Bicara soal emoji Apple, bukan tanpa alasan loh, karena sebelumnya WhatsApp memang tidak punya pilihan lain selain memakai emoji Apple.

Saat WhatsApp pertama dikembangkan, Android belum sepopuler saat ini dan masih belum menawarkan dukungan emoji.

Selain itu, ketika Android sudah menawarkan dukungan Emoji kemudian hari, WhatsApp juga belum bisa bertindak, karena emoji di iPhone dinilai lebih lengkap ketimbang Android.

Selain itu banyaknya kode emoji yang berbeda juga menjadi alasan lain.

Alih-alih menawarkan gaya terjemahan berbeda di lintas platform, WhatsApp malah memilih untuk mengintegrasikan keseluruhan emoji Apple di aplikasi mereka.

Dengan demikian, meski membuka WhatsApp di Android, emoji yang diterima tetap emoji Apple.

Sayangnya, belum ada informasi lebih jelas. Apakah WhatsApp akan membuang sepenuhnya emoji Apple dan memakai emoji sendiri di semua platform, atau hanya di perangkat non-Apple saja.

Share.

Leave A Reply