Kamis, November 26, 2020
Beranda Teknologi Software Facebook Uji Pengenal Wajah Baru untuk Pulihkan Akun, Ampuh Kah?

Facebook Uji Pengenal Wajah Baru untuk Pulihkan Akun, Ampuh Kah?

RANCAH POST – Rasanya tak heran perusahaan raksasa teknologi sekelas Facebook mulai berfikir untuk mengaplikasikan sistem pengenal wajah pada aplikasi dan layanan mereka. Toh mereka memang dikenal suka mengembangkan teknologi baru.

Dan mengingat teknologi ini akan populer dalam beberapa tahun mendatang, berkat turut campur Apple dengan iPhone X, maka tak heran jika kini pengembangan fitur pengenal wajah di badan Facebook mulai digenjit.

Namun kini muncul pertanyaan lain, apakah fitur pengenal wajah di Facebook ini akan efektif?

Sebagaimana diketahui, fitur pengenal wajah untuk membuka ponsel pada iPhone X yang dinamai FaceID menawarkan teknologi mumpuni dengan pemindai berbasis 3D berkat dukungan sensor dan hardware canggih.

Pun demikian yang ditawarkan LG dan Vivo, yang sama-sama didukung sensor dan perangkat mutakhir untuk memaksimalkan kinerja dan keamanannya.

Lantas bagaimana dengan Facebook, mengingat ia adalah layanan multi-plaform, yang digunakan di berbagai perangkat. Baik high-end dan low-end, tidak perduli dukungan hardware seburuk apa yang digunakan pengguna, asal memenuhi syarat Facebook akan bisa diakses.

Nah, jika jatuh pada perangkat kelas low-end, dengan kamera buruk apakah fitur pengenal wajah ini akan terseida? Dan apakah akan bekerja sebagaimana mestinya? Apakah orang asing akan bisa mengakses akun kita dengan bermodal foto wajah?

BACA JUGA :

Mengerikan, jelas pertanyaan ini mengerikan. Karena bukan mengamankan, fitur baru ini justru menakutkan dan mengancam. Namun apakan benar demikian?

Facebook sendiri sudah mengkonfirmasi, bahwa saat ini mereka sedang menguji fitur pengenal wajah yang baru ini.

Fitur ini akan dibuat secanggih mungkin, agar bisa diterapkan sebagai pengganti autentikasi dua tahap via SMS dalam kondisi tertentu. Fitur ini juga kabarnya bakal hadir secara optional, dimana pengguna juga bisa memilih untuk mematikannya.

Dan karena sedang diuji, pastinya Facebook juga sudah atau sedang memikirkan serangkaian pertanyaan tadi, dan mencoba menghadirkan yang terbaik.

Sejauh ini, perusahaan raksasa jejaring sosial tersebut mengungkapkan, bahwa untuk sementara, nantinya fitur pengenal wajah ini hanya akan bisa aktif dan digunakan, pada sejumlah perangkat dengan spesifikasi dan fitur yang mendukung.

Dengan kata lain, hp kelas low-end dengan spesifikasi tidak memadai tidak akan diizinkan menggunakannya. Dan akun Anda akan bisa tetap aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here