Ramadhan 1438 H Tiba Esok, Masih Ingatkah dengan Niat Puasa Ramadhan?

Niat Puasa
Niat Puasa

RANCAH POST – Bulan yang sangat dinantikan oleh Muslim di seluruh dunia akan segera tiba, dialah bulan Ramadhan.

Dihadapan seorang Muslim, bulan Ramadhan ini sangat diidam-idamkan kedatangannya lantaran bulan ini mengandung sekali banyak kemuliaan.

Di bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh ampunan ini, segala amal kebaikan seorang Muslim akan dilipatgandakan.

Hal yang tidak bisa dipisahkan atau ditinggalkan dalam pelaksanaan puasa bulan Ramadhan yaitu niat puasa Ramadhan.

Kenapa tidak bisa ditinggalkan? Sebab niat puasa Ramadhan ini merupakan salah satu rukun dalam melaksanakan ibadah shaum di bulan Ramadhan.

Puasa Ramadhan, sebagaimana tertuang dalam ajaran agama islam, merupakan salah satu dari sekian banyak ibadah yang wajib dilaksanakan.

BACA JUGA: Kumpulan Kata Ucapan Ramadhan

Maka dari itu, niat puasa Ramadhan tidak bisa dipisahkan dari praktek puasa Ramadhan itu sendiri.

Di beberapa wilayah di Indonesia, niat puasa Ramadhan ini biasanya dibacakan seusai shalat tarawih dan dipimpin pelafalannya oleh imam shalat Tarawih.

Dibacakannya niat puasa setelah shalat Tarawih itu dimaksudkan guna menghindari lupanya seseorang membaca niat puasa setelah melaksanakan sahur.

Bagi seorang Muslim yang setiap tahun melaksanakan puasa, niat puasa Ramadhan ini sudah tidak asing lagi. Bunyi dari niat puasa itu sendiri berbunyi ‘Nawaitu shouma godhin an adaa’i, fardhu syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi taalaa’.

Tentunya tidak hanya dengan berniat saja, puasanya pun wajib dilaksanakan. Tidak hanya itu, alangkah baiknya selama bulan Ramadhan itu diisi dengan berbagai kegiatan atau ibadah yang akan semakin menambah pahala kita.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama