Rabu, 28 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Gulai Ikan Tongkol Bumbu Tauco Mantap

Resep Gulai Ikan Tongkol Bumbu Tauco Mantap

RANCAH POST – Resep gulai ikan tongkol. Siapa sih yang nggak suka sama ikan tongkol? Ikan dengan rasanya yang lezat dan dagingnya yang tebal menjadikan ikan ini favorit bagi sebagian orang.

Cara memasaknya pun beragam, bisa dimasak bumbu balado, bahkan cuma digoreng saja pun sudah enak. Nah, kali ini kami akan memberikan resep gulai ikan tongkol bumbu tauco yang mudah untuk diikuti. Resep selengkapnya simak berikut ini.

Resep Gulai Ikan Tongkol Bumbu Tauco

Bahan-bahan :

300 gr ikan pindang tongkol
100 gr tauco
500 ml santan cair
100 gr tempe, potong dadu
100 gr tahu, potong dadu
4 buah cabai hijau, potong serong
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
3 buah belimbing wuluh, iris tipis
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 sdt merica bubuk
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :

5 siung bawang putih
7 siung bawang merah
3 cm kunyit

Cara membuat :

Pertama, goreng ikan tongkol sebentar supaya luarnya agak kering. Goreng juga tahu hingga matang dan kulitnya kering. Tumis kunyit, bawang putih dan juga bawang merah yang sudah dihaluskan. Kemudian masukkan serai, lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam, dan merica. Tumis sebentar sampai harum. Kemudian masukkan tauco, lalu aduk hingga tercampur rata. setelah itu masukkan ikan tongkol, tempe, tahu dan juga santan. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Setelah mendidih, masukkan cabai dan belimbing wuluh. Masak hingga matang dan bumbu meresap. Jika sudah matang, angkat gulai ikan dan sajikan dalam piring saji. Gulai ikan tongkol bumbu tauco pun siap untuk disantap.

Nah moms, itu tadi resep gulai ikan tongkol bumbu tauco yang praktis dan lezat. Kalau ingin variian lainnya moms juga bisa coba resep gulai tongkol asam padeh. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan