Google Umumkan Spesifikasi Minimum untuk Nikmati Daydream VR

0
Daydream VR
Daydream VR

RANCAH POST – Google telah kembali mengumumkan kehadiran dari platform VR terbaru mereka awal tahun ini. Daydream, begitulah lingkungan VR besutan Google ini disebut, dan Daydream View adalah nama dari perangkat VR yang akan bisa digunakan untuk mengakses dunia virtual tersebut.

Sayangnya, saat mengumumkan platform ini, Google tidak menyebutkan secara rinci, tentang spesifikasi minimum untuk memakai platform Google Daydream. Tapi kini, beberapa rincian spesifikasi minimum dari Google Daydream telah terungkap.

Persyaratan ini diumumkan oleh Google melalui dokumen ‘Android Compability Definition Document for Android 7.0 Nougat‘. Dalam dokumen tersebut dijelaskan, bahwa platform Daydream ini bisa dinikmati dengan ponsel yang memiliki kualitas layar minimum HD atau dengan resolusi minimum 720 x 1280 piksel.

Dan selain itu, beberapa informasi juga mengatakan bahwa ada beberapa syarat lain yang harus dimiliki sebuah smartphone jika ingin menjalankan platform Daydream. Yang pertama ponsel itu harus mengusung minimal CPU dual-core dan juga harus memiliki dukungan Vulkan Hardware Level 0, HEVC, dan VP9.

Spesifikasi lainnya juga sempat dicantumkan di situs resmi Android, namun sayang Google sama sekali tidak mengungkap jenis prosesor yang bisa menjalankan platform ini.

Disamping itu semua, ponsel andalan terbaru Google, yakni Pixel dan Pixel XL bisa dibilang sudah pasti akan dapat menjalankan Daydream. Dan bicara soal Google Pixel, ponsel ini mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 821 yang besar kemungkinan juga akan bisa menawarkan dukungan Daydream di ponsel lain.

Dengan demikian, ponsel seperti Xiaomi Mi Note 2 yang juga mengusung prosesor yang sama akan bisa menjalankan platform Daydream ini.

Daydream sendiri disiapkan khusus untuk platform Android 7.0 Nougat. Dan tidak hanya platformnya saja, Google juga langsung menyiapkan 50 aplikasi pertama untuk bisa dinikmati langsung, sementara jumlahnya sendiri akan terus bertambah seiring waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here