RANCAH POST – Manfaat tidur miring ke kiri. Tidur memang menjadi bagian dari kebutuhan hidup kita. Mendapat tidur cukup yang berkualitas bisa membuat tubuh tetap sehat serta bugar. Tapi yang masih jarang diketahui adalah posisi tidur juga bisa memberi dampak untuk kesehatan tubuh.

Tidur miring ke kiri diyakini bisa mempengaruhi kesehatan organ tubuh. Ternyata ada manfaat mengejutkan yang kita bisa dapatkan dengan tidur miring ke kiri. Apa sajakah manfaatnya itu? Simak infonya berikut ini.

Menjaga fungsi sistem limfa
Sistem limfa memegang peranan penting pada tubuh kita karena bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Para ahli mengatakan bahwa duktus torak (pembuluh limfa terbesar di sistem limfa) terletak di sebelah kiri. Dengan tidur miring ke sebelah kiri, tubuh bisa memproses ampas tubuh dengan lebih efektif lagi. Karena sistem limfa juga berfungsi untuk menyalurkan lemak, protein, serta zat lain ke jaringan tubuh, tidur miring ke sebelah kiri bisa mempercepat proses nutrisi diserap dengan lebih cepat oleh sel-sel tubuh.

Limpa bisa bekerja lebih optimal
Limpa merupakan organ tubuh yang terletak di dalam rongga perut sebelah kiri atas, yang menghasilkan cairan yang dapat membantu pencernaan makanan serta membersihkan darah ini merupakan organ terbesar di dalam sistem limfa. Letaknya ada di sebelah kiri. Dengan tidur miring ke sebelah kiri, limpa bisa bekerja lebih efisien lagi. Darah bisa mengalir lebih lancar ke limpa serta bisa menyaring kotoran lebih cepat.

Memperlancar sistem pencernaan
Sambungan antara usus kecil dan usus besar terletak di bagian kiri tubuh, area ini disebut dengan katup ileocecal. Saat tidur miring ke sebelah kiri, gravitasi akan memudahkan sisa-sisa makanan bergerak dari usus kecil ke usus besar. Sehingga proses usus untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan bisa lebih cepat.

Mencegah nyeri lambung
Sering merasa nyeri lambung atau bahkan nyeri ulu hati di malam hari? Cobalah atasi hal ini dengan tidur miring ke kiri. Posisi ini akan mencegah isi perut untuk kembali lagi ke esofagus.

Meringankan kerja organ hati
Karena organ hati terletak di sebelah kanan, maka tidur miring ke sebelah kanan bisa menekan organ tersebut. Dengan tidur miring ke kiri, maka racun dan zat yang berbahaya tidak akan terlalu membebani organ hati.

Menjaga kesehatan jantung
Bagian tubuh sebelah kiri menerima darah dari paru-paru kemudian memompanya ke seluruh tubuh. Dengan tidur miring ke sebelah kiri, kerja jantung bisa lebih mudah dan juga efisien. Saat tidur miring ke sebelah kiri, gravitasi akan memudahkan fungsi sistem sirkulasi khususnya di bagian aorta juga vena kava inferior (pembuluh balik besar bawah).

Nah, itu tadi manfaat tidur miring ke kiri. Hanya saja, yang perlu digaris bawahi lagi adalah bahwa kondisi setiap orang itu bisa berbeda satu sama lainnya. Kalau memang tidak memungkinkan bisa tidur miring ke kiri, maka sesuaikan saja dengan kondisi tubuhmu. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply