RANCAH POST – Google Doodle hari ini kembali memperingati hari lahir tokoh dunia. Yap, salah satu tokoh besar yang amat berjasa dalam perkembangan kehidupan dan budaya di seluruh dunia bisa dibilang, yang kadang atau lebih tepatnya selalu kita abaikan. Yap, Google Doodle hari ini memperingati hari lahir Ladislao Jose Biro yang ke-117.

Lalu siapakah Ladislao Jose Biro? Seperti dapat Anda lihat pada Doodle hari ini, dimana kata Google dibuat dengan tulisan tegak bersambung, lengkap dengan animasi yang menunjukkan cara kerja bolpoin di sampingnya.

Ladislao Jose Biro bisa dikatakan sebagai bapak bolpoin dunia, dan merupakan pencipta atau penemu bolpoin pertama. Sebuah alat tulis yang kini kita anggap biasa keberadaannya, yang dijual dengan harga amat murah, namun dengan manfaat yang luar biasa.

Bolpoin pertama ini sendiri sejatinya tidak ditemukan oleh Ladislao Jose Biro sendirian, melainkan bersama saudaranya yang juga adalah ahli kimia.

Ladislao José Biro lahir di Hungaria, pada 29 September 1899 silam. Ia bekerja sebagai seorang jurnalis, pelukis sekaligus penemu di usia dewasanya. Cukup menarik memang kisah munculnya ide untuk membuat bolpoin ini, dimana berawal dari kekesalah Ladislao Jose Biro terhadap pena pada zaman itu, yang terbuat dari bulu angsa, dan penulis harus terus mencelup pena kedalam tinta cair yang cukup beresiko tumpah dan tinta berceceran, yang membuat mereka harus mengulang dari awal.

Berprofesi sebagai seorang wartawan, Ladislao José Biro cukup sering bepergian ke percetakan. Di sana, ia memperhatikan bahwa tinta yang digunakan pada percetakan koran mampu dapat mengering lebih cepat dan tidak tercecer.

Ia kemudian bekerja sama dengan suadaranya, Gyorgy Biro yang adalah seorang ahli kimia, untuk membuat pena tipe baru yang lebih aman dengan dilengkapi bola kecil di bagian ujungnya. Bola ini nantinya akan bisa bebas berputar untuk mengambil tinta dari cartridge dan mencoretkannya di kertas.

Nantinya, tinta akan membasahi bola kecil di ujung pena yang akan mengalir secara kapiler dan menggelinding agar melekat di kertas.

Ujung pena yang dibuat berbentuk bola ini jugalah yang menjadi dasar dari penamaan bolpoin saat ini.

Purwarupa dari pena bolpoin pertama tersebut dipamerkan Ladislao José Biro di ajang Budapest International Fair tahun1931. Dan kemudian hasil temuannya ini dipatenkan pada tahun 1938 kemudian.

Selanjutnya, rancangan Ladislao José Biro ini juga dipatenkan di Argentina pada 10 Juni 1943 dan dijual dengan merek Birome. Dan hingga saat ini, brand bolpoin tertua itu masih beredar di pasaran dan bisa Anda dapatkan.

Ladislao José Biro wafat pada tahun 24 November 1985 di pada usia 85 tahun.

Google Doodle Hari Ini Kenang Hari Lahir Ladislao Jose Biro, Siapa Dia?

Tidak diragukan lagi bahwa Ladislao José Biro merupakan seorang ahli, penemu dan seorang legenda yang jasanya amat berguna serta bermanfaat untuk kehidupan manusia. Sehingga tidah heran jika Google Doodle hari ini mengangkat hari lahir Ladislao José Biro untuk diperingati, agar kita bisa mengingat dan tidak melupakan jasa besarnya.

Share.

Leave A Reply