RANCAH POST – Samsung telah benar-benar telah serius dalam investasinya untuk pengembangan platform Tizen. Buktinya, OS baru ini sudah menopang sejumlah aksesoris andalan Samsung, seperti lini smartwatch, dan meski terbilang cukup lambat dan tidak terlalu agresif, Tizen ini juga mulai diandakan untuk memacu perangkat smartphone seperti Samsung Z1, Z3 dan satu lagi Z2 yang akan segera menyusul dalam waktu dekat.

Bisa dibilang bahwa pertummbuhan yang lamban ini memang sengaja dilakukan Samsung, untuk perlahan mengamati potensi pasar Tizen yang bisa dibilang masih bayi jika dibandingkan dengan platform lain seperti Android dan iOS. Namun Samsung tetap berusaha memperkuat pondasi dari platform kembangan mereka ini secara perlahan namun pasti.

Semua ponsel Tizen yang muncul hingga saat ini saja memang masih menawarkan spesifikasi kelas low-end bisa dibilang. Tidak terlalu heran jika Samsung masih takut untuk meluncurkan varian premium di ladang yang masih belum jelas masa depannya ini. Meski sempat memasang Tizen di sejumlah ponsel Galaxy S andalan, namun untuk model komersial, kita baru punya Samsung Z3 dan Z1.

Namun tampaknya impian Samsung untuk maju ke puncak dengan platform sendiri bukan sekedar mimpi. Belakangan sebuah dokumen dari Zauba mengungkap kehadiran ponsel baru dengan nomor model SM-Z930F di India. Ponsel ini jelas adalah Samsung Z9 yang kemungkinan bakal jadi andalan atau flagship dari seri Tizen Samsung.

Akhirnya Muncul Samsung Z9, Calon Flagship Bertenaga Tizen

Jika melihat daftar harga Samsung Z9 yang nyaris 5 kali lebih besar dari harga masuk Samsung Z2 saat ini, maka harusnya ponsel ini mampu menawarkan performa yang jauh lebih kuat dan andal. Setidaknya lebih andal dari Samsung Z3 yang saat ini menduduki posisi teratas dengan layar beresolusi 720p dan dukungan prosesor Spreadtrum SC7730.

Share.

Leave A Reply