RANCAH POST – Akhirnya, setelah cukup lama dinanti, phablet andalan Samsung Galaxy Note 7 kini resmi diumumkan. Setelah melewati berbagai penantian dan berkali-kali muncul dalam bocoran, kini kita bisa mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note 7 telah resmi hadir dengan membawa informasi detail mengenai spesifikasi yang diusungnya.

Samsung Galaxy Note 7 ini juga jadi ponsel spesial bagi Samsung, karena ia adalah ponsel pertama dari seri phablet Galaxy Note yang menawarkan kemampuan waterproof dengan sertifikasi IP68, dimana ponsel ini akan mampu menyelam hingga kedalaman 1 meter tanpa ada masalah. Dan untuk desain, tampaknya ia masih memakai bahasa desain yang sama dengan Galaxy S7, yakni dua buah lempengan kaca mengapit frame logam di bagian dalam dan sisi poinsel. Kaca ini juga dilapisi pelindung berupa Corning Gorilla Glass 5 terbaru dan menawarkan desain curved-edge screen di bagian depan ponsel.

Sebagaimana banyak dibocorkan sebelumya, Galaxy Note 7 ini menawarkan dukungan layar Super AMOLED dengan ukruan ayar 5,7 inci yang dibuat melengkung di kedua sisi kiri dan kanannya. Layar ini menawarkan resolusi QHD 1440 x 2560 piksel dengan dukungan fitur HDR display yang juga jadi yang pertama bagi Samsung. Fitur ini sejatinya adalah fitur pinjaman dari TV 4K Samsung yang mampu menampilkan lebih banyak scene dan warna di layar ponsel.

Dan jika membahas Samsung Galaxy Note, tentunya tidak lupa dengan dukungan pena stylush S Pen pada Samsung Galaxy Note 7 ini. Dan stylus S Pen baru ini juga akan menawarkan pengalaman lebih untuk Anda, mulai dari kehadiran fitur Always On Screen, kemampuan menulis di bawah air, dukungan fitur kaca pembesar untuk teks, translate tool dan fitur GIF creator.

Dan satu rumor dan kabar lain yang juga terbukti kebenarannya hari ini adalah kehadiran dukungan pengaman biometrik baru berupa pemindai iris pada Samsung Galaxy Note 7. Fitur ini diharapkan bisa jadi pilihan pengganti pemindai sidik jari untuk berbagai fungsi keamanan seperti pengamanan pada Samsung Pay, Knok, dan membuka file pribadi pada folder terenkripsi. Namun tenang, jika Anda kurang suka dengan fitur ini, Anda masih bisa memakai pemindai sidik jari kok. Keduanya juga akan dapat digunakan pada sejumlah aplikasi pihak ketiga melalui Samsung Pass.

Sekali lagi Samsung Galaxy Note 7 jadi yang pertama untuk Samsung. Ponsel ini adalah smartphone pertama Samsung yang hadir dengan menawarkan dukungan port USB tipe-C. Sejauh yang kita ketahui hingga saat ini, Samsung masih tetap anteng memakai port USB v2.0 pada ponsel andalan mereka. Dan kini untuk pertama kalinya, Samsung mulai ikut berubah dan memakai USB tiipe-C.

Port ini juga akan tetap menawarkan kemampuan pengisian baterai super cepat. Selain itu fitur wireless charger juga dibekali kemampuan pengisian cepat ini, sehingga baterai 35000 mAh yang diusung Samsung Galaxy Note 7 ini akan dapat terisi lebih cepat dengan metode pengisian manpun yang disukai pengguna.

Seperti banyak dibicarakan juga, Samsung Galaxy Note 7 hadir dengan set-up kamera yang persis sama dengan Samsung Galaxy S7. Ponsel ini menawarkan dukungan kamera 12MP dual-pixel sebagai kamera utama, dengan aperture f/1.7 dan dilengkapi dukungan Optical Images Stabilization (OIS) pula. Dan untuk kamera depan, ponsel ini menawarkan sensor 5MP sebagai andalan.

Untuk bagian dapur pacunya sendiri, Samsung Galaxy Note 7 menawarkan dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 820 dengan pilihan lain berupa Exynos 8890 untuk sebagian pasar. Ponsel ini juga akan dilengkapi 4GB RAM dan pilihan 64GB memori intenral yang akan dapat diperluas dengan slot microSD dan UFS Card. Ada yang sedikit menarik di sini, karena sebelumnya dikabarkan bahwa Samsung Galaxy Note 7 akan dibekali 6GB RAM, atau setidaknya ada varian dari ponsel ini dengan dukungan memori sebesar itu. Dan varian tersebut sama sekali tidak dibahas kali ini, jadi mungkinkan model ini sebenarnya hanya rumor belaka?

Ada satu kesempatan lagi sebenarnya, karena model dengan 128GB ROM masih belum masih belum diungkap. Sehingga kita masih bisa berspekulasi bahwa Samsung Galaxy Note 7 dengan 6GB RAM adalah model lain dengan dukungan memori internal 128GB yang belum diungkap tersebut. Atau setidaknya merupakan varian pro dari Galaxy Note 7, kita masih belum tahu.

Yang pasti, Samsung Note 7 ini akan menawarkan dukungan OS Androis 6.0 Marshmallow yang tentunya sudah dikostumisasi. Samsung Galaxy Note 7 sendiri akan mulai dijual pre-order di AS pda tanggal 3 Agustus 2016 dan mulai dikirim 16 Agustus kemudian. Dan di Indonesia sendiri ponsel ini mungkin akan hadir dalam waktu dekat mengingat sudah banyaknya teaser Samsung Note 7 yang dipajang di sejumlah toko online ternama di tanah air. Ponsel ini juga kabarnya akan dibundle dengan sebuah headsetVR gratis dari Samsung, dan untuk penawaran terbatas akan disertakan bonus berupa sebuah smartband Samsung Gear Fit 2 atau microSD 256GB gratis.

Tidak seperti S7, Note7 tidak dapat digabungkan dengan VR Gear gratis, tetapi untuk waktu yang terbatas, Anda dapat Skor band smart Gear cocok 2 gratis atau 256GB kartu microSD. Info lebih lanjut tentang peluncuran hari gratis. Ponsel ini akan tersedia dalam pilihan warna Blue Coral, Onyx Black dan Titanium Silver.

Share.

Leave A Reply