RANCAH POSTHasil 16 Besar Euro 2016 Italia vs Spanyol, dendam Gli Azzurri terbalaskan saat timnya kalah 4-0 di final Euro 2012, kini mereka mengalahkan Spanyol 2-0.

Pertandingan tadi malam bisa disebut laga final yang kepagian antara Italia melawan Spanyol, memori buruk tim Italia yang tidak pernah menang melawan Spanyol terhapus sudah. Setelah Italia berhasil mempecundangi sang juara bertahan Spanyol tadi malam.

Italia yang identik dengan permainan bertahan justru berbanding terbalik saat menghadapi Spanyol, permainan menyerang yang diperlihatkan Italia dan hampir membuat gol di awal babak pertama namun peluangnya masih belum bisa membuahkan hasil.

Spanyol tidak menduga akan permainan Italia yang agresif, hingga lini belakang La Ruria Roja sempat dibikin kewalahan. Tekanan yang dilancarkan Italia akhirnya membuahkan hasil ketika menit ke 33, gol tercipta dari tendangan bebas Elder dan De Gea gagal menangkap bola tersebut hingga bola langsung disambut Giaccherini dan akhirnya diteruskan oleh Giorgio Chiellini. Italia memimpin kedudukan dengan skor 1-0.

Setelah tertinggal satu gol Spanyol mencoba menaik kan tensi serangan nya, namun tangguhnya lini pertahanan Italia ditambah penjaga gawang Buffon yang tampil cemerlang. Spanyol masih belum bisa mengejar ketertinggalan hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 masih Italia memimpin.

Memasuki babak kedua Spanyol melakukan pergantian pemain, Nolito yang ditarik diganti oleh Aritz Aduriz. Pergantian pemain yang dilakukan pelatih Del Bosque terbukti cukup berhasil, Spanyol menjadi lebih menguasai jalan nya pertandingan.

Permainan menyerang kedua tim membuat banyak peluang utama nya untuk Spanyol, namun dengan disiplin nya lini belakang Italia ditambah penampilan Buffon yang sangat bagus di bawah mistar gawang dengan beberapa kali menyelamatkan gawang nya dari ancaman-ancaman berbahaya.

Tekanan yang terus digencarkan Spanyol membuat pertahanan Italia sedikit goyah, namun sayang pemain pengganti, Aduritz yang menggantikan Nolito harus ditarik keluar karena mengalami cedera.

Terlalu fokus dalam membangun serangan La Furia Roja lupa akan pertahanan nya hingga harus menerima gol kedua dari Italia. Gol tercipta di menit injury time lewat serangan balik hasil umpan dari Darmian ke area kotak penalti, Pelle langsung menyambut bola dengan sempurna. Hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan skor 2-0 Italia untuk ke unggulan Italia. Dengan hasil ini Italia langsung melaju ke babak 8 besar.

Share.

Leave A Reply