RANCAH POST – Manfaat puasa ramadhan. Bulan ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat islam. Bulan ramadhan merupakan bulan yang didedikasikan untuk puasa selama sebulan penuh.

Pagi hari sebelum matahari terbit, umat muslim diwajibkan untuk sahur. Dan sepanjang hari berpuasa tanpa makan dan minum kemudian berbuka saat matahari terbenam. Akan tetapi, ramadhan bukan hanya masalah menahan lapar dan juga haus. Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu peroleh dari berpuasa. Berikut adalah 6 manfaat puasa ramadhan, yang bisa kamu peroleh supaya puasa kamu lebih berkah.

Lebih memaksimalkan doa
Saat ramadhan tiba, kamu bisa memaksimalkan doa. Jadikanlah momen ramadhan ini untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Perbanyaklah amal ibadah selama bulan ramadhan agar doa dan harapanmu bisa tekabul.

Ramadan untuk memperbarui iman
Saat kamu mencintai seseorang dengan sepenuh hati, maka kamu akan melakukan banyak hal untuk dirinya. Dan rela untuk melakukan apa pun agar orang tersebut bisa bahagia. Maka lakukanlah puasa ramadhan untuk menyenangkan Allah SWT. Dengan begitu, maka puasa ramadhan bisa membantu untuk memperbarui iman kamu.

Ramadan adalah belajar mengontrol diri
Kamu hidup berada di lingkungan masyarakat. Beberapa hal mungkin akan menyebabkan kamu lebih mengutamakan ego. Dengan datangnya bulan yang berkah yaitu ramadhan, maka kamu harus berlatih untuk mengendalikan diri kamu, dimulai dengan tidak makan dan minum saat sedang berpuasa.

Ramadan adalah momen memberi dan berbagi
Memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan merupakan cara kamu untuk mengekspresikan kasih sayang kamu terhadap orang lain yang menahan lapar dan juga haus sepanjang hari. Saat kamu berbuka, maka kamu akan menyadari bahwa dengan berpuasa kamu akan lebih menghargai lagi apa yang kamu miliki.

Ramadan adalah tentang rasa syukur
Selama ramadhan, kamu akan lebih banyak mengucapkan rasa syukur atas apa yang kamu miliki. Termasuk makanan, minuman, pekerjaan, teman dan juga keluarga. Bulan ramadhan merupakan waktu untuk refleksi apa yang kamu lakukan selama puasa. Ramadan benar-benar akan membuatmu selalu ingat untuk bersyukur atas nikmat dan segala sesuatu yang kamu miliki.

Ramadan bulan penuh ampunan
Cara yang paling mudah untuk bahagia adalah dengan cara memaafkan. Maka bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan. Kamu akan didorong untuk mencari ampunan bagi diri kamu sendiri maupun terhadap orang lain. Hal ini sangat penting untuk menghilangkan racun dan perasaan dengki di dalam diri.

Ladies, itu tadi 6 manfaat puasa ramadhan. Dengan kemurnian hati dan juga niat yang suci, maka kamu akan menemukan makna dari ramadhan di luar menahan rasa lapar dan juga haus. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply