Microsoft Surface Pro 5 Meluncur September Nanti, Berbekal Prosesor Kaby Lake dengan Layar 4K

0
Microsoft Surface Pro 5
Microsoft Surface Pro 5

RANCAH POSTBicara soal Microsoft, katanya mereka masih menunggu kehadiran prosesor terbaru Intel bernama Kaby Lake untuk merilis Microsoft Surface ro 5, tablet high-end terbaru mereka. Hal ini tidak heran, karena Microsoft tampaknya ingin agar handset baru ini benar-benar mampu menyediakan performa maksimal yang mampu bersaing dengan Apple iPad Pro, saingan terbesarnya.

Namun hembusan angin segar baru saja menerpa para penggemar tablet andal Microsoft. Sebuah kabar terbaru mengatakan jika Kaby Lake setidaknya akan segera tersedia pertengahan tahun ini. Dengan demikian, besar kemungkinan jika Microsoft Surface Pro 5 juga akan tersedia mulai bulan September mendatang.

Kaby Lake sendiri adalah seri prosesor terbaru Intel yang masih belum dirilis. Prosesor baru ini dibangun dengan proses 14nm, proses yang sama dengan pendahulunya, Skylake. Namun bedanya, Kaby Lake ini diklaim memiliki performa yang jauh lebih unggul. Dan jika kabar tersebut benar adanya, maka kemungkinan besar produksi masal dari prosesor ini akan dimulai kuartal ini.

Untuk spesifikasi Surface Pro 5 sendiri, disamping kehadiran prosesor Kaby Lake, tablet kakap ini juga diprediksi bakal hadir dengan dukungan layar yang mampu menampilkan gambar 4K UHS. Selain itu, akan ada pula peningkatan kapasitas baterai, serta perbaikan kemampuan Surface Pen dan USB Tipe-C pada yablet ini.

Selain itu, jika menimbang harga Microsoft Surface Pro 4 sebelumnya. setidaknya Surface 5 ini akan dijual mulai harga USD799 atau setara Rp jutaan hingga USD1799 atau Rp.

Jika melihat pergerakan pasar saat ini, tidak dipungkiri lagi bahwa pasar tablet perlahan terus mengalami penurunan. Banyaknya beredar tablet Android dengan harga terjangkau memang telah mempersulir persaingan. Terutama untuk sejumlah vendor yang juga bermain di pasar Android. Namun tidak demikian dengan Microsoft Surface Pro 5 ini yang kemungkinan akan mendapat jalan mulus, mengingat statusnya yang tergolong sebagai handset detachable.

Berbeda dengan pasar tablet sendiri, perangkat detachable belakangan ini tengah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Keberadaan sejumlah aksesoris yang bisa dilepas pasang seperti Keyboard QWERTY misalnya, telaah membantu memperkuat posisi perangkat sejenis di pasaran. Selain itu, perangkat semacam ini juga mampu menawarkan daya tarik, performa, kemudahan dan keunggulan lain yang jelas lebih baik dibanding tablet atau laptop sekalippun. Sehingga popularitasnya di kalangan bisnis cukup baik.

Saat ini, pasar perangkat detachable sendiri dipimpin oleh dua raksas teknologi yang kerap bersaing sejak dahulu kala, yakni Apple dengan iPad Pro mereka dan Microsoft dengan Surface Pro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here