RANCAH POST – Tips pacaran di bulan puasa. Semua manusia yang terlahir ke dunia ini pasti mempunyai hawa nafsu. Salah satunya adalah hawa nafsu ingin bermesraan dengan sang kekasih.

Namun sekarang ini kita sedang berada di bulan suci ramadhan, tentu kita harus bisa untuk mengendalikan hawa nafsu dan juga menghindari segala jenis godaan yang mungkin datang menghampiri. Agar hubungan kita dengan pasangan tetap terjalin dengan baik dan masih dalam kategori pacaran yang sehat, maka lakukanlah 5 tips pacaran yang aman di bulan ramadhan berikut ini.

Buat perjanjian di awal
Memasuki bulan ramadhan, sebaiknya kamu dan juga pasangan menentukan bersama bagaimana sebaiknya rutinitas pacaran kalian berdua berjalan. Yakinkan bahwa memang ada komitmen dari kamu dan juga dia untuk lebih menjaga diri. Mengubah gaya pacaran itu gak mudah jika keinginannya tidak datang dari kedua belah pihak.

Tentukan bersama kebiasaan apa yang perlu dikurangi ataupun dihilangkan sama sekali selama ramadhan. Supaya perjanjian ini benar-benar bisa dilakukan, kamu dan pasangan juga bisa membuat sistem reward and punishment. Jika salah satu melanggar perjanjian, harus tidak ketemuan selama 3 hari berturut-turut misalnya.

Lewat pesan singkat saja cukup
Jika biasanya kamu dan pasangan ketemuan saat sarapan, makan siang dan juga makan malam, selama bulan puasa kamu harus belajar untuk mencukupkan diri melalui perbincangan virtual. Yap, menahan diri untuk tidak ketemuan langsung bisa mengurangi kemungkinan kalian lupa membatasi kontak fisik.

Biar tidak kelepasan gandengan tangan saat jalan berdua, batasi komunikasimu dan pasangan melalui hubungan tanpa bertatap muka. Jika memang gak tahan kalau gak ketemu, aturlah waktu ketemuannya sehabis buka selama sebulan. Tahan kan buat gak ketemuan lebih dari 12 jam dalam sehari? Eits, tapi percakapan di messenger juga jangan yang aneh-aneh ya. Ingat akan zinah mata dan zinah mulut.

Ajak temanmu yang jomblo saat kalian kencan
Demi mengurangi intensitas berduaan tapi tidak membuat kamu dan pasangan dilanda rindu, coba deh kencannya rame-rame. Saat mau pergi, jangan ragu untuk mengajak teman-teman kalian yang masih jomblo. Bila perlu ajaklah dia yang paling konyol dan juga heboh, sehingga bisa mengalihkan perhatianmu dan pasangan pada kelucuannya. Intinya, jangan hanya mengajak mereka yang sama-sama sudah punya pasangan.

Selain lebih asyik, pergi rame-rame dengan teman yang jomblo juga bisa memberikan distraksi pada kamu dan pasangan. Kamu tidak akan tergoda untuk manja-manjaan sama pasangan. Malu kan dilihatin sama mereka? Lagian ngobrol bareng sambil nunggu waktu berbuka juga udah cukup seru kok.

Jangan ke bioskop atau ke kafe yang sepi
Hindarilah tempat yang gelap, dingin dan juga sepi. Bukannya mau meragukan keimanan dan juga kemampuanmu dalam hal menahan diri, tetapi secara reflek seseorang akan lebih mudah untuk melakukan kontak fisik dengan pasangannya saat dihadapkan pada 3 kondisi diatas. Jika kamu dan pasangan mau pergi berduaan di jam-jam puasa, carilah tempat yang minim akan godaan. Pergilah ke toko buku yang terang benderang, atau cobalah pergi ke kebun binatang dimana banyak anak-anak kecil berkeliaran. Carilah tempat-tempat yang akan membuat kalian berdua risih kalau terlihat mesra di depan orang.

Kencan di rumah pas ada orang tua
Masih takut kebablasan gelendotan manja ke pacar? Jika memang gak yakin untuk bisa menahan diri, sebaiknya atur waktu kamu bertemu dengan pasangan di rumah pas ada orang tua. Gak mungkin kan mereka akan membiarkan anaknya mesra-mesraan sama pacarnya di depan mata, apalagi pas bulan puasa. Kalau bukan bulan puasa juga kamu ketahuan bermesraan secara berlebihan pasti kena omel kok.

Cari pengajian anak muda yang bisa didatangi bersama
Ingin menjadikan ramadhanmu lebih bermakna lagi bersama pasangan? Coba deh cari kegiatan yang bisa dilakukan bersama dan juga bisa memperluas ilmu agama kalian. Saat bulan puasa biasanya banyak tempat yang mengadakan pengajian yang bisa didatangi oleh siapa saja. Gak cuma di mesjid aja, bahkan ikatan mahasiswa muslim kampus dan juga pusat perbelanjaan juga sering melaksanakan agenda semacam ini.

Daripada jalan-jalan gak karuan muterin mall sambil nahan lapar, mending ikutan acara semacam ini. Pengajian semacam ini dijamin aman, karena pihak penyelenggara akan memisahkan tempat untuk pengunjung laki-laki dan perempuan. Selain itu, pemahamanmu terhadap agama juga pastinya akan bertambah jika mau ikutan kegiatan seperti ini.

Masih takut? Dihalalin aja bro (nikahin)
Kamu masih khawatir takut gak bisa fokus beribadah karena ada pasangan yang masih belum halal mendampingi ibadah di siang dan malammu? Tapi juga udah cinta mati dan gak mau putus dari dia. Ada satu cara lagi yang dijamin pasti bakalan tokcer, caranya yaitu dengan ‘menikahi’ pasanganmu. Ya, jika memang sudah siap kenapa harus ditunda-tunda lagi? Apa lagi hal yang lebih indah dari bisa menghabiskan ramadhan bersama pasangan yang bisa dicintai dengan halal?

Semoga dengan tips yang kami berikan kamu dan juga pasangan bisa lebih bijak lagi membawa diri selama bulan puasa. Ingat, bulan yang penuh berkah ini hanya datang setahun sekali, jadi sudah sepantasnya untuk dimanfaatkan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply