RANCAH POST – Cara mengatasi bibir kering saat berpuasa. Saat sedang berpuasa, asupan cairan ke dalam tubuh cenderung berkurang begitu drastis. Kekurangan cairan didalam tubuh bisa berdampak pada kondisi kulit dan juga bibir.

Salah satu dampak yang paling sering dialami yakni bibir kering dan pecah-pecah. Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa menimbulkan rasa sakit, apalagi bila kita tidak sengaja mengelopeknya. Dan akhirnya bibir pun jadi terluka. Gak banget kan?

Tapi jangan khawatir girl, karena masalah ini bisa diatasi dengan cara yang mudah dan aman. Meskipun kamu sedang menjalankan ibadah puasa, bibirmu akan tetap lembab dan sehat. Nah, saat bulan puasa kita bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah munculnya bibir kering dengan cara yang sangat mudah. Berikut 4 cara mengatasi bibir kering saat berpuasa.

Banyak minum air putih saat berbuka dan sahur
Pastikan bahwa asupan air putih untuk tubuh tercukupi walau sedang berpuasa kurang lebih 14 jam. Perbanyaklah asupan air putih saat berbuka dan juga saat sahur untuk mengembalikan lagi cairan tubuh yang hilang.

Hindari makanan asin dan pedas
Mulut kering dan bibir pecah-pecah akan semakin memburuk dengan makanan yang asin dan juga pedas. Hal ini dikarenakan asupan cairan pada tubuh cenderung diikat oleh konsumsi garam. Mengkonsumsi makanan pedas juga akan membuat tubuh cenderung lebih mudah haus.

Lembabkan bibir dengan lipbalm
Oleskanlah lipbalm untuk melindungi dan juga menjaga bibir agar tetap lembab. Pilihlah lipbalm yang mengandung SPF untuk pemakaian di siang hari.

Scrubbing
Supaya bibir yang mengelupas tidak semakin parah, rajinlah melakukan scrubbing. Olesi bibir dengan lipbalm kemudian gosok bibir dengan menggunakan sikat gigi. Kamu juga bisa membuat lipscrub sendiri di rumah dengan menggunakan gula dan madu. Setelah dibilas, jangan lupa untuk mengaplikasikan lipbalm untuk menjaga bibir agar tetap lembab.

Nah, itu dia 4 cara untuk mengatasi bibir kering saat berpuasa. Puasa bukanlah suatu hal yang membuat kita harus bermalas-malasan dan mengabaikan kesehatan dan kecantikan tubuh. Meskipun sedang berpuasa kita harus selalu menjaga kesehatan dan penampilan. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa.

Share.

Leave A Reply