RANCAH POST – Masih terbersit di pikiran kita, beberapa waktu yang lalu seorang netizen mengunggah postingan akan keganasan rokok yang membawanya harus dirawat di rumah sakit setelah divonis menderita radang paru-paru.

Nah, kali ini media sosial kembali digemparkan dengan postingan yang sama tentang ‘amukan’ rokok yang diderita oleh netizen bernama Richard Suhanto. Ia memposting status beserta foto ‘serem’ yang memperlihatkan dirinya tengah ditangani tim medis pasca operasi di sebuah rumah sakit.

BACA JUGA: Robby Indra Wahyuda Meninggal Setelah Kehilangan Jakun Akibat Merokok

Pria berusia 33 tahun itu, dalam postingannya menyebutkan kaget dan tidak menyangka di usia muda sudah mengalami dua kali operasi, torakoskopi dan torakotomi. Ia pun mengakui, semua itu gara-gara rokok. Sembari menghimbau kepada yang lain untuk segera bertobat merokok, karena sakit dan sengsara yang diakibatkannya tidak sebanding.

Torakoskopi adalah tindakan operasi rendah risiko yang dilakukan pada paru-paru untuk mendiagnosis masalah, terutama pada daerah mesotelioma rongga pleura. Sedangkan Torakotomi adalah bedah pembukaan rongga dada. Ini merupakan operasi besar yang memungkinkan ahli bedah untuk mengakses tenggorokan, paru-paru, jantung, aorta dan diafragma.

Berikut kutipan status Richard Suhanto sebagaimana dikutip dari akun Facebook di bawah ini.

2x surgery… Damn this scar gonna look scary… ‪#‎SmokingKills‬

Ga nyangka di umur 33 bakal ngalamin 1x operasi thorakoskopi n 1x operasi thorakotomi untuk jahit lubang di paru2, sudah 2bulan lebih n masih tahap recovery sampai sekarang n ini cm gara2 rokok… So plss stop smoking… Percaya d sakit n sengsara nya ga sebanding sama enaknya…

Bagaimana? Masih mau merokok? Pikir lagi baik-baik yah.

Share.

Leave A Reply