Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi Google Doodle Hari Lahir Jane Jacob Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?

Hari Lahir Jane Jacob Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?

RANCAH POSTGoogle memang selalu mengankat tokoh penting dalam Doodle di laman muka situs pencarian mereka. Dan hari lahir Jane Jacob yang ke-100 yang jatuh pada hari ini menjadi momen tersendiri bagi Google untuk mengangkat tokoh Jane Jacob sebagai tokoh pada Google Doodle hari ini.

Nah, lalu siapakah tokoh bernama Jane Jacob ini? Pentingkah ia? Tentunya Jane Jacob adalah tokoh yang sangat penting, terutama dalam hal perlindungan lingkungan di Amerika Serikat.

Lalu, mengenai siapa Jane Jacob ini sendiri, ia adalah seorang jurnalis sekaligus penulis buku tang cukup aktif dalam bidang lingkungan semasa hidupnya. Bahkan dalam salah satu usahanya memperjuangkan lingkungan, Jane sempat mengalami masa sulit hingga ia harus mendekam di tahanan.

Jane Jacob lahir pada tanggal 4 Mei 1916 silam di Scanton, Pennsylvania, Amerika Serikat. Dan ia cukup terkenal di wilayah Greenwich Village. Karena di sinilah kisah perjuangan paling terkenal dan mendalam bagi seorang Jane Jacob dimulai.

Kejadian ini sendiri berlangsung pada sekitar tahun 1950 hingga 1960-an. Kala itu, lingkungan tempat tinggal Jane Jacob terancam penggusuran, karena akan adanya pembangunan besar-besaran yang dilakukan oleh pengembang ternama bernama Robert Moses. Rencananya, kota tempat tinggal Jacob tersebut akan disulap jadi jalan tol atau jalan bebas hambatan yang disebut Lower Manhattan Expressway (LOMEX).

Selain itu, New York Univercity juga renananya akan diperluas. Pembangunan ini berdampak akan melahap sebagian blok di Greenwich Village yang mengakibatkan sekitar 132 keluarga dan sekitar 1000 usaha kecil dan menengah harus hengkang dan pindah dari wilayah tersebut. Saking keras dan besarnya dampak dari penggusuran ini, mau tidak mau harus ada seseorang yang maju untuk melawan. Dan dimulailah perjuangan Jane Jacob melawan pembangunan ganas dari perusahaan besar.

Jane Jacob kemudian mendirikan Joint Committee to Stop the Lower Manhattan Expressway atau Komite Bersama untuk Menghentikan Lower Manhattan Expressway. Dan setelah melalui perjuangan yang amat panjang, akhirnya pembangunan jalan tol tersebut dihentikan pada tahun 1958. Namun karena kesulitan dalam melawan perusahaan raksasa, maka pada 1962, 1965 dan 1968 pembangunan LOMEX ini kembali dilanjutkan. Ia bahkan sempat meringkung di balik jeruji besi, karena dituduh telah melakukan penghasutan pada masyarakat yang berujung dengan tindakan kriminal.

Perjuangan panjang Jane Jacob ini juga tidak hanya dikenal di wilayah Grandwich Village saja, melainkan juga si seluruh penjuru Amerika. Jane bahkan pernah masuk nominasi untuk penghargaan buku Nasional untuk Non-Fiksi. Dan pada tahun 1961, ia sempat menuangkan pemikirannya mengenai perkotaan melalui sebuah buku berjudul “The Death and Life of Great American Cities.”

Pemikiran tersebut pada akhirnya banyak diadopsi menjadi kebijakan tata kita di wilayah Toronto yang menjadi tempat tinggal terakahir Jane Jacob dari tahun 1968 hingga akhir hayatnya pada 25 April 2006 silam.

Hari Lahir Jane Jacob Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?

Pantas jika hari lahir Jane Jacob yang ke-100 ini dijadikan sebagai Google Doodle hari ini. Ia bukan hanya sosok wanita berjasa, melainkan seorang pemberani, dengan kisah perjuangan yang patut ditiru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,201FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan