RANCAH POSTTahun lalu kita sempat dibikin heboh oleh kelakuan Microsoft yang saat itu ingin sedikit memperbaharui layanan cloud storage mereka, OneDrive. Perusahaan raksasa dibalik Windows ini mengumumkan bahwa pihaknya akan memangkas penyimpanan gratis untuk pemilik akun Microsoft OneDrive dari kapasitas awal 15GB hanya menjadi 5GB saja. Dan sekaligus juga akan menghilangkan tambahan bonus penyimpanan 15GB di camera roll.

Hal ini jelas memancing amarah dan protes dari para pengguna. Kabar dadakan ini membuat para pengguna setia Microsoft merasa dikecewakan. Mereka kikuk dan bingung harus berbuat apa pada data yang mereka simpan di sana.

Menanggapi reaksi pengguna yang dinilai cukup keras ini, Microsoft kemudian mengalah. Meski tidak membatalkan rencana tersebut, mereka memutuskan untuk mengundurnya hingga sekitar pertengahan tahun ini. Dan mereka juga memberikan apresiasi kepada para pengguna setia Microsoft untuk tetap mempertahankan ruang simpan sebesar 15GB + 15GB tersebut di akun mereka, dengan cara melakukan konfirmasi di situs resmi Microsoft.

Pengguna harus menekan tombol biru bertuliskan “Keep Your Free Storage” pada tanggal 31 Januari 2016 lalu. Dan langkah ini hanya bisa Anda lakukan sekali, maka jika terlewat, tidak akan ada ampun, Microsoft akan memangkas kapasitas memori gratis Anda di OneDrive. a

Nah lalu bagaimana jika Anda lupa atau melewatkan kesempatan tersebut dan tidak menekan tombol biru besar itu? Jawabannya sederhana. Anda hanya perlu mengucapkan selamat tinggal pada 15GB memori OneDrive Anda dan 15GB Camera Roll. Dan Anda harus cukup puas menikmati 5GB Gratis tersebut jika tidak ingin berlangganan untuk memori lebih.

Sekali lagi kami ingatkan. 27 JJuli 2016 adalah tanggal yang dijanjikan Microsoft untuk pemangkasan ruang simpan gratis tersebut. Jadi jika Anda memiliki data dengan ukuran total melebihi 5GB di akun OneDrive gratis Anda, sebaiknya bersiap dan mulai melakukan Back-up sedari sekarang. Termasuk data pada Camera Roll di akun OneDrive Anda.

Hingga saat ini Anda mungkin masih akan bisa menikmati kapasitas memori gratis sebesar 15GB di OneDrive. Namun hal ini tidak lagi berlaku setelah jatuh tempo, atau untuk mereka yang baru membuat akun baru. Jadi, jangan lupa cek akun OneDrive Anda 27 Juli mendatang, OK?

Share.

Leave A Reply