23.3 C
Ciamis
Beranda Teknologi Info Gadget Terbaru Mengejutkan, Chip A9X pada Apple iPad Pro 9.7 Ternyata Cuma Model Underclocked

Mengejutkan, Chip A9X pada Apple iPad Pro 9.7 Ternyata Cuma Model Underclocked

RANCAH POSTKemarin Apple telah meresmikan dua perangkat terbarunya, Apple iPhone SE dan Apple iPad Pro 9.7 inci. Dan tablet Apple 9.7 inci ini yang menarik perhatian, karena dengan moniker iPad Pro dan spesifikasi mumpuni, tablet ini mampu menawarkan ukuran layar yang lebih kompak dan mungil.

Namun bagaimanapun, ternyata performa Apple iPad Pro 9.7 inci ini tidaklah sepantas dan segahar Apple iPad Pro sebelumnya dengan layar 12,9 inci. Setidaknya itulah yang diungkapkan oleh Apple sendiri melalui sebuah pengumuman di situs resmi mereka.

Apple iPad Pro 9,7 inci ini lebih kecil, sehingga tidak heran jika spesifikasi yang diusungnya juga lebih ringan. Termasuk chip Apple A9X yang ditawarkannya juga tidak semaksimal iPad Pro 12.9 inci. Apple baru saja merilis sebuah infografik yang menjelaskan perbedaan dari chip Apple A9X yang dipakai pada iPad Pro 9.7 dan iPad Pro 12.9. Dan gambar tersebut mejelaskan bahwa chip A9X pada Apple iPad Pro 9.7 inci memang sedikit lebih ringan dalam hal kemampuan.

Tercatat bahwa chip A9X pada Apple iPad Pro 12.9 memiliki kemampuan CPU hingga 2,5 kali lebih cepat dibanding Chip A7, sementara chip A9X pada iPad Pro 9.7 hanya sekitar 2,4 kali lebih cepat. Tidak hanya di sisi CPU saja, GPU yang diusungnyapun demikian. Jika GPU pada chip A9X yang dipakai iPad Pro 12.9 memiliki kemampuan grafis 5 kali lebih cepat dari chip A7, maka chip A9X pada iPad Pro 9.7 hanya sekitar 4,3 kali lebih cepat.

Kemungkinan besar hal ini berkaitan dengan ukuran mini dan bobot ringan yang ditawarkan Apple iPad Pro 9.7 inci ini. Logikanya, dengan luas permukaan yang lebih kecil, maka otomatis panas yang dihasilkanpun harus lebih minim, sehingga mau tidak mau, Apple harus memangkas kinerja prosesor mereka.

Mengejutkan, Chip A9X pada Apple iPad Pro 9.7 Ternyata Cuma Model Underclocked

Namun tidak hanya kekurangan saja, Apple iPad Pro 9.7 inci ini juga menawarkan berbagai kelebihan lain yang tidak dibekalkan pada iPad Pro 12.9 inci. Seperti layar True Tone dan kamera utama 12MP lengkap dengan LED Flash. Membuat tablet ini menjadi tablet pertama Apple yang hadir dengan kamera segahar ini.

Stay Connected

105,273FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here