Jumat, 29 Mei 2020
Beranda Teknologi Software Android N Developer Preview Sudah Tersedia dengan Segudang Fitur Baru

Android N Developer Preview Sudah Tersedia dengan Segudang Fitur Baru

RANCAH POSTGoogle tampaknya kini lebih bersemangat, hingga mereka berani meluncurkan Developer Preview perdana untuk “Android N”. Versi OS terbaru dari Android yang kehadirannya sedikit berbeda dengan versi sebelumnya.

Yang beda di sini adalah waktu rilis yang biasanya Google merilis OS Android terbaru mereka setelah digelarnya event Google I/O yang merupakan event tahunan yang bisa digelar Google pada bulan Mei mendatang. Hal ini juga memungkinkan Google untuk bisa merilis versi final dari Android N lebih awal, untuk dibagikan kepada para developer dan vendor.

Android N sendiri sudah bukan lagi rahasia jika soal keberadaannya, dimana sebelumnya Google meluncurkan Android dengan inisial M, maka kini giliran inisial N yang muncul. Hanya nama resminya saja yang masih belum jelas.

Dan seperti biasanya, Android N ini juga hadir dengan dukungan fitur baru dan kemampuan baru. Mulai dari fitur utama berupa dukungan mode multi-Windows, atau yang akan akrab Anda kenal sebagai split-screen di platform Android. Hebatnya, fitur ini tidak hanya tersedia untuk tablet, namun juga bisa dipakaai di perangkat Android lain seperti smartphone dan smart TV.

Para pengembang akan bisa membuat aplikasi mereka ini mendapat modus picture-in-picture dengan menggunakan atribut manifes baru pada Android N ini.

Selain fitur split-screen, Android N baru ini juga menawarkan kemampuan untuk membaalas pesan, email dan lain sebagainya secara langsung dari jendela notifikasi. Hal ini bisa dilakukan karena Android N dilegkapi API yang sama seperti yang dipakai pada Android Wear, sehingga setiap aplikasi yang sudah kompatibel di Android Wear akan bisa memakai fitur ini dengan baik, tanpa harus melakukan perubahan pada kode aplikasi.

Fitur lain di notifikasi juga mencaakup kemampuan baru, dimana developer kini disa mengelompokkan notifikasi berdasarkan aplikasi yang dipakai. Dan nantinya notivikasi ini bisa kembali dipecah juga oleh pengguna.

Berita lainnya juga mengungkapkan bahwa Android N Developer Preview ini akan membawa dukungan bahasa Java 8, dan Anda akan bisa menggunakannya dengan Jack compiler.

Sejauh ini, meski pengguna sudah akan bisa menikmati Android N Developer Preview ini, kompatibilitasnya masih terbatas untuk sejumlah handset Google saaja. Seperti Google Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P Nexus 9, Nexus Play dan Pixel C.

Dan jika Anda punya salah satunya, bisa Anda coba mengunduh Android N Developer Preview melalui link berikut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,646FansSuka
1,815PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan