Rabu, Desember 2, 2020
Beranda Teknologi Google Doodle Tahun Kabisat Hiasi Google Doodle Hari Ini, Momen Berkesan Empat Tahun Sekali

Tahun Kabisat Hiasi Google Doodle Hari Ini, Momen Berkesan Empat Tahun Sekali

RANCAH POST Google memang tidak pernah absen dalam memperingati hari besar dan hari penting dunia dan Indonesia. melalui Google Doodle, raksasa internet satu ini senantiasa mengingatkan kita akan momen penting yang bisa saja kita lewatkan.

Tidak terkecuali hari ini, dimana Google turut memperingati tahun kabisat yang hanya diperingati selama 4 tahun sekali saja. Jadi, sudah pasti Google tidak akan melewatkan momen penting yang paling jarang terjadi ini.

Tahun kabisat sendiri merupakan 1 tahun dalam periode 4 tahun sekali yang memiliki jumlah hari sedikit lebih, yakni 366 hari, dengan tambahan 1 hari di bulan Februari yang jadi 29 hari dalam satu bulannya. Dan bukan itu, saja, tahun kabisat juga kerap kali dikaitkan dengan berbagai mitos dan kepercayaan tertentu di wilayah tertentu, baik itu sebagai pertanda baik, buruk dan lain sebagainya.

Tahun 2016 ini juga menjadi momen yang sangat penting, dimana orang-orang yang lahir pada tanggal 29 Februari, bisa merayakan ulang tahun mereka yang hanya datang 4 tahun sekali saja. Hihi.

Terlepas dari keberadaan berbagai mitos, kepercayaan, keyakinan dan hal lain mengenai tahun kabisat yang sifatnya hanya mitos belaka, ternyata tahun kabisat ini sendiri menyimpan kisah unik yang cukup menarik untuk dibahas.

Tahun kabisat yang jadi Google Doodle hari ini rupanya merupakan hasil dari pemikiran para ahli matematis zaman dahulu kala, yang kebingungan dalam menentukan jumlah hari dalam satu tahun. Pasalnya, jumlah pasti bumi mengintari matahari itu bukanlah 365 hari, namun 365 dan seperempat hari. Nah, lalu kemanakan sisa 1/4 nya? Akhirnya para pemikir Romawi di era Julius Caesar memutuskan untuk membuat satu tahun dalam setiap 4 tahun untuk memiliki jumlah hari yang berbeda, yakni 366 hari. Dan kemudian tahun genap ini disebut sebagai tahun kabisat.

Bukan hanya itu saja. Dari keputusan ini juga turut terlahir berbagai teori dan perhitungan-perhitungan yang bisa dikatakan simpel, namun menggelitik terkait tahun kabisat. Diantaranya adalah perhitungan mengenai penentuan sebuah tahun merupakan tahun kabisat atau bukan.

1. Jika jumlah tahun habis dibagi 400, maka itu tahun kabisat

2. Jika umlah tahun tidak habis dibagi 400, namun habis dibagi 100, maka itu bukan tahun kabisat.

3. Jika jumlah tahun tidak habis dibagi 400 dan 100, namun habis dibagi 4, maka itu tahun kabisat.

4. Jika jumlah tahun tidak habis dibagi 400, 100 dan tidak habis dibagi 4, maka itu tahun kabisat.

Nah, lalu bagaimanakah dengan tahun 2016 ini? Apakah termasuk tahun kabisat? Jawabannya ya. Karena tahun 2016 ini sendiri tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 dan tidak habis dibagi 4. Jadi, tahun ini juga tahun kabisat? Ya, tahun ini tahun kabisat. Dan tahun ini adalah tahun kabisat yang ke 504 menurut penanggalan masehi.

Tahun Kabisat Hiasi Google Doodle Hari Ini, Momen Berkesan Empat Tahun Sekali

Kembali membahas Google Doodle hari ini yang mengangkat tema tahun kabisat. Cukup lucu loh, Doodle kita ini. Dimana Google mengangkat tema 3 karakter kelinci lucu dengan angka di tubuhnya. Ada kelinci dengan angka 28 yang menandakan tanggal 28 Februari, kelinci dengan angka 1 yang menandakan tanggal 1 Maret. Keduanya tengah tidur, berdampingan dan kemudian muncul kelinci dengan nomor 29 yang melompat diantara mereka dan ikut tidur. Benar, kelinci inilah yang berperan sebagai kelinci kabisat. Lucu bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here