Minggu, 12 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 8 Cara Mengurangi Resiko Terkena Kanker Bagi Pecandu Rokok

8 Cara Mengurangi Resiko Terkena Kanker Bagi Pecandu Rokok

RANCAH POSTCara mengurangi resiko terkena kanker bagi pecandu rokok. Faktor utama penyebab  kanker adalah merokok. Merokok juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan lainnya. Selain itu, asap rokok sangat berbahaya dan juga bisa meningkatkan risiko kanker dan penyakit yang lainnya.

Beberapa macam jenis kanker yang bisa disebabkan oleh merokok yaitu kanker lambung, kanker ginjal, kanker paru-paru, kanker mulut, kanker serviks, kanker tenggorokan, kanker kandung kemih, kanker esofagus, kanker pankreas, kanker rongga hidung, dan lain-lain.

Resiko terkena kanker 10 kali lebih besar bagi perokok dibandingkan dengan non perokok. Hal ini juga tergantung pada seberapa lama orang tersebut telah merokok. Kebanyakan warga di Indonesia meninggal karena kanker paru-paru yang disebabkan oleh merokok. Selain itu, asap yang terhirup oleh perokok pasif juga dapat mengakibatkan kanker paru-paru.

Sebagaimana dikutip Boldsky, berikut ini merupakan 8 cara mengurangi resiko terkena kanker bagi pecandu rokok.

Kurangi merokok
Sesudah perokok memutuskan untuk tidak merokok lagi, ucapan tersebut belum tentu bahwa si perokok akan benar-benar berhenti merokok. Pada awalnya mungkin mereka mencoba merokok hanya dengan beberapa batang rokok saja. Tapi setelah beberapa lama mereka akan merasakan kecanduan yang akhirnya bisa menghabiskan beberapa bungkus rokok dalam sehari. Maka dari itu, untuk mengurangi merokok, cobalah untuk sedikit demi sedikit mengurangi rokok dalam setiap harinya. Misalnya Anda mengurangi satu batang rokok dalam sehari.

Mengubah kebiasaan makan
Sesudah Anda memutuskan untuk berhenti merokok, Anda akan merasakan peningkatan seketika pada nafsu makan. Namun, jangan pernah mencoba untuk memakan makanan yang manis dan berlemak. Lebih baik perbanyak makan buah-buahan dan sayuran untuk mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

Mengkonsumsi obat
Sebelum Anda mengkonsumsi obat untuk mengurangi kecanduan merokok, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada dokter Anda tentang cara penggunaan dan efek samping apa yang akan terjadi jika Anda mengkonsumsi obat dan produk sejenis lain pengganti nikotin. Para dokter dan apoteker juga bisa membantu Anda untuk menemukan beberapa cara yang bisa membantu Anda berhenti merokok. Ini merupakan salah satu cara bagi perokok untuk bisa mengurangi resiko terkena kanker.

Dorongan dari orang terdekat
Ketika Anda memiliki teman atau saudara pecandu rokok yang sangat berlebihan, sebaiknya Anda menasehati dia dan mendorong dia agar bisa berhenti merokok untuk semua alasan yang baik bagi diri dan kesehatan mereka masing-masing.

Terapi bagi perokok
Terapi bagi perokok sangat bermanfaat. Ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif di antara 8 cara perokok kurangi resiko terkena kanker. Perpaduan dari terapi perilaku, wawancara motivasi dan diskusi farmakologis. Terapi perokok menawarkan layanan baik reaktif maupun layanan proaktif. Layanan reaktif berarti perokok didorong untuk menelepon nomor yang telah ditentukan disetiap mereka membutuhkan bantuan. Di dalam layanan proaktif, para perokok diwajibkan mendaftar untuk pengobatan, maka secara langsung perokok akan mendapatkan layanan.

Berikan kepedulian
Sampaikan beberapa hal, termasuk bahaya dari penyakit kanker yang diakibatkan dari merokok dengan memperlihatkan kepedulian Anda terhadap perokok. Mengekspresikan ketakutan Anda tersendiri bahwa Anda sangat khawatir tentang kesehatan dan masa depan bagi perokok untuk meyakinkan mereka agar dapat berhenti merokok. Ini merupakan metode tidak langsung yang dapat dilakukan untuk membantu  menghilangkan kecanduan merokok.

Berhenti mengkritik
Jika pasangan Anda kecanduan merokok, jangan pernah mengkritik dia karena kecanduannya tersebut. Karena hal ini dapat mengingatkan dia tentang kegagalannya berhenti merokok di masa lalu. Anda harus bersabar dalam menghadapi pecandu rokok, ini merupakan salah satu cara mengurangi resiko terkena kanker bagi perokok.

Minta bantuan dokter
Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat orang terdekat segera berhenti merokok, maka mintalah bantuan dokter untuk memberi masukan dan memberi pengetahuan seberapa besar bahaya bagi pecandu rokok yang dapat mengakibatkan terkena penyakit kanker.

Itu merupakan 8 cara mengurangi resiko terkena kanker bagi pecandu rokok. Sayangi badan Anda, dan segeralah berhenti merokok sebelum Anda menyesal karena efek yang ditimbulkan dari merokok yang berlebihan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,363FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan