Kamis, 28 Mei 2020
Beranda Artikel & Opini Lakukanlah Ini Setiap Hari, Insya Allah Pintu Rezeki Terbuka Selalu

Lakukanlah Ini Setiap Hari, Insya Allah Pintu Rezeki Terbuka Selalu

RANCAH POST – Pada dasarnya manusia menyukai kemewahan dan kesenangan dalam menjalani kehidupannya. Untuk meraih itu semua, tentunya harus dibarengi dengan kerja keras siang dan malam. Namun tidak sedikit dari kerja keras tersebut justru hasilnya tidak sesuai harapan bahakan cenderung mengecewakan.

Meski demikian, sebagai Muslim janganlah menyerah dan berpangku tangan menghadapi kondisi seperti tersebut di atas. Sebab, para ulama mempunyai beberapa nasihat atau tips bagi seorang Muslim agar dipermudah usahanya dalam  mencari rezeki.

Pertama, bertawakal kepada Allah SWT

Dengan tawakalnya seorang Muslim, Allah SWT akan mengkaruniai seseorang dengan rasa kaya yang tertanam dalam sanubarinya meskipun mungkin tidak berlebih. Dalam surat At-Thalaq ayat 3, Allah SWT berfirman:

“Barang siapa bertawakal kepada Allah (SWT), niscaya Allah (SWT) mencukupkan (kebutuhannya).”

 Dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu majah, Ibnu Hiban, dan Al-Hakim dari Umar bin Khattab disebutkan:

“Seandainya kamu bertawakal kepada Allah (SWT) dengan sebenar-benar tawakal, niscaya kamu diberi rezeki seperti burung diberi rezeki, ia pagi hari lapar dan sore hari telah kenyang.”

Kedua, memohon ampunan kepada Allah SWT dengan memperbanyak membaca istighfar

Istighfar merupakan pengakuan dosa seorang Muslim dihadapan Allah SWT dan menjadikan sebab Allah SWT berbelas kasihan serta melapangkan dada kehidupan seorang manusia. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa memperbanyak istighfar maka Allah (SWT) akan menghapus segala kedukaannya, menyelesaikan segala masalahnya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka.”

 Ketiga, hindari perbuatan dosa

Istighfar semata tidaklah cukup bila seseorang tetap melakukan perbuatan dosa. Menurut Rasulullah SAW sendiri, perbuatan dosa bisa menyebabkan rezeki kita tertutup. Sebagaimana haditsnya di bawah ini:

“… Dan seorang pria akan diharamkan baginya rezeki karena dosa yang dibuatnya.”

Keempat, selalu mendo’akan kedua orang tua dan berbakti kepadanya

Nabi Muhammad SAW melalui haditsnya berpesan, bila seseorang ingin bertambah rezeki dan umurnya panjang, hendaklah ia menyambung silaturrahim dan berbakti kepada orang tuanya. Dengan mendo’akan orang tua, akan menjadi perantara rezeki seseorang mengalir. Hal ini ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalah haditsnya.

“Bila hamba itu meninggalkan berdoa kepada kedua orang tuanya niscaya terputuslah rezeki (Allah SWT) darinya.”

Kelima, melaksanakan shalat Dhuha

Dalam sebuah hadits qudsi Allah SWT berfirman:

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (shalat Dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR. Al-Hakim dan At-Thabrani)

Dengan demikian, hendaklah kita sebagai seorang Muslim yang beriman selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Dengan ketaqwaan tersebut, insya Allah kita akan diberikan kemudahan dan kelancaran dalam rezeki. Wallahu a’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,654FansSuka
1,815PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan