Selasa, 20 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Amparan Tatak Kue Tradisional Kalimantan

Resep Amparan Tatak Kue Tradisional Kalimantan

RANCAH POSTResep amparan tatak kue tradisional kalimantan. Amparan tatak, merupakan sebuah nama kue basah tradsional masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, dikenal sejak tempo dulu dan masih eksis sampai saat ini, bahkan sangat populer di bulan Ramadhan. Nama lain dari amparan tatak yaitu nangka susun amparan tatak murni yang dibuat dari pisang masak yang bercampur tepung beras dan juga tambahan garam secukupnya, lalu disumap dan juga dikukus.

Kue tradisional yang dibuat dari tepung beras dengan lapisan pisang tanduk ini merupakan kue dari Kalimantan. Nama amparan tatak mungkin telah pernah Anda dengar namun pernahkah Anda untuk mencoba membuatnya sendiri? Apabila belum, sekarang adalah waktunya untuk mencoba.

Kali ini kami akan membagikan resep amparan tatak kue tradisional kalimantan yang tentunya sangat enak dan juga nikmat. Berikut resepnya untuk Anda.

Resep Amparan Tatak

Bahan-bahan/bumbu-bumbu
Bahan I
800 ml santan dari 1 butir kelapa
3 lbr daun pandan, diikat
200 gr tepung beras
100 gr tepung sagu
100 gr gula pasir
1/2 sendok teh garam
2 buah pisang tanduk, dikukus, dikupas, dibelah dua, dan dipotong memanjang

Bahan II
350 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3 lbr daun pandan, diikat
100 gr tepung beras
25 gr tepung sagu
75 gr gula pasir
1/4 sendok teh garam

Cara membuat
Bahan I, rebuslah santan dan juga daun pandan hingga harum. Lalu dinginkan. Tuangkan sedikit demi sedikit di atas campuran tepung beras, tepung sagu, gula pasir, garam, sembari diaduk rata. Kemudian Sisihkan.
Bahan II, rebus santan dan juga daun pandan hingga harum. Dinginkan. Tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung beras, tepung sagu, gula pasir, garam, dan juga santan sembari diaduk rata. Sisihkan. Tuangkan adonan bahan I ke dalam loyang loaf berukuran 30x12x8 cm yang dioleskan dengan minyak dan juga dialas plastik. Kukus di atas api sedang selama 30 menit hingga matang. Susun potongan pisang. Tuangkan adonan bahan II di atasnya. Kukus kembali di atas api sedang sekitar 30 menit hingga matang.

Itulah resep amparan tatak kue tradisional dari kalimantan. Rasanya yang manis dan juga lezat, bisa menjadi salah satu makanan yang disajikan sebagai teman minum teh. Tentunya akan semakin istimewa dan juga spesial. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan