RANCAH POSTSistem pengisian wireless merupakan terobosan baru, yang memungkinkan pengguna mengisi ponsel tanpa colokan kabel sama sekali. Namun sayangnya, teknologi ini masih memiliki kelemahan. Ketika ada penghalang diatas dock pengisian, atau pengguna salah meletakkan posisi ponsel, maka pengisian dapat terganggu.

Tampaknya masalah ini telah mendapatkan solusi. uBeam baru saja mengklaim sebuah terobosan baru dalam teknologi pengisian nirkabel, dengan teknologi Ultrasound.

Dengan berani, pihak perusahaan mengklaim bahwa teknologi ini dapat menghantarkan energi dengan aman hingga jaraj satu meter. Ultrasound sendiri merupakan teknologi yang mengandalkan frekuensi suara yang lebih tinggi dibanding suara yang bisa didengar manusia dan Anjing (namun kabarnya dapat terdengar oleh kucing). uBean mengatakan bahwa sistem transfer energi ini sangat aman dan terlindungi, sehingga tidak akan ada daya yang terpancar keluar jalur. Dan teknologi ini juga diklaim tidak akan mengganggu sistem komunikasi maupun perangkat elektronik di sekitarnta.

Namun sayang, meski aman secara teknis, teknologi ini kemungkinan akan memakan waktu cukup lama dalam pengisian. Karena berbeda dengan gelombang radio, gelombang susara tidak dapat menembus benda padat. Menurut penelitian, 99% dari gelombang yang menabrak kulit akan dipantulkan kembali. Jadi itu artinya, teknologi ini masih memiliki kelemahan, dimana perangkat atau ponsel yang akan diisi haruslah berhadapan langsung dengan port pengisian.

untuk mengatasi hal ini, pengguna mungkin bisa menempatkan banyak port Ultrasoud di beberapa ruangan, sehingga kemanpun ia pergi, pengisian tetap berjalan. Namun langkah ini jelas akan memboros energi. Dan sudah pasti tidak baik.

Tapi jangan terlalu dipikirkan, karena teknologi Ultrasound ini sendiri masih dalam pengembangan. Tentunya Anda akan bisa melihat potensi besar pada teknologi ini. Dengan pananganan yang tepat, tidak mustahil jika masalah ini nantinya dapat diatasi, dan Ultrasound juga dapat menjadi solusi pengisian nirkabel nomor satu di dunia.

Share.

Leave A Reply