Rabu, 28 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Gurame Goreng Saus Tauco

Resep Gurame Goreng Saus Tauco

RANCAH POST Resep gurame goreng saus tauco. Jika Anda orang jawa barat khususnya cianjur, tentunya Anda mengetahui tentang tauco, ya, tauco merupakan salah satu makanan khas daerah cirebon yang tentunya sudah cukup terkenal. Tauco ini terbuat dari kacang kedelai yang dihaluskan lalu didiamkan selama waktu tertentu atau sering disebut sebagai fermentasi.

Tauco merupakan bumbu masakan yang selalu menjadi masakan yang istimewa. Tauco umumnya dibuat menjadi sebuah saus pelengkap sebuah masakan. Kali ini kami akan membagikan sebuah resep istimewa yang menggunakan tauco sebagai bahan tambahannya. Resep kali ini yakni gurame goreng saus tauco.

Gurame merupakan ikan air tawar yang sangat banyak penggemarnya. Ikan ini mampu tumbuh sampai ukuran sangat besar. Nah, tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini resep gurame goreng saus tauco yang tentunya spesial dan istimewa.

Resep Gurame Goreng Saus Tauco

Bahan
1 ekor ikan gurame
1 sdm air jeruk lemon
1 sdt bawang putih bubuk
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
2 putih telur, kocok lepas untuk pencelup
minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis (aduk Rata)
100 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung maizena
1/2 sendok teh garam

Bahan Saus Tauco
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buah cabai merah besar, potong kotak kecil
1 buah cabai hijau besar, potong kotak kecil
2 sdm taoco manis, haluskan
2 sdm saus sambal
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
200 ml air
1 sdt tepung sagu larutkan dalam 1 sendok teh air
2 sdt minyak, untuk menumis

Cara membuat
Pisahkan ikan dengan tulangnya. Potong berbentuk kotak ukuran 2×2 cm. Lumuri ikan dengan menggunakan air jeruk lemon, bawang putih bubuk, garam, serta merica bubuk. Biarkan selama 15 menit. Celup ke dalam bahan pencelup. Gulingkan di atas bahan pelapis. Lakukan juga untuk semua tulang ikan. Goreng di dalam minyak yang telah dipanaskan hingga matang dan juga kering. Taruh daging ikan di atas tulang nya. Untuk membuat sausnya, tumis bawang putih, cabai merah, dan cabai hijau hingga harum. Tambahkan tauco, saus sambal, gula pasir serta garam. Aduk hingga rata. Tuangkan air. Masak hingga diaduk serta air mendidih. Kentalkan dengan menggunakan larutan tepung sagu. Aduk hingga mengental. Sajikan ikan lengkap dengan saus tauco.

Itulah resep gurame goreng saus tauco yang tentunya lezat dan spesial. Sajian ini tentunya akan menjadi sangat istimewa dan dijamin semua anggota keluarga pasti akan menyukainya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan