Berita Terkini, RANCAH POST – Raja Salman selaku pemimpin Arab Saudi mengatakan, ia akan memberikan sejumlah santunan kepada keluarga dan korban akibat insiden crane ambruk di Masjidil Haram, Makkah.

Menurut laman gulfnews, Rabu (16/09/2015) total nilai santunan hingga satu juta Riyal atau setara Rp3,8 Milyar. Santunan tidak hanya diberikan Raja Salman kepada keluarga korban yang meninggal, ia juga akan memberikan santunan kepada korban yang menderita luka-luka, namun nilainya sebesar 500 ribu Riyal atau setara Rp1,9 Miliar.

Raja Salman juga akan mengundang 2 orang dari keluarga korban tewas untuk melaksanakan ibadah Haji tahun depan. Biayanya gratis, ditanggung oleh pihak kerajaan Arab Saudi.

Bagi korban luka-luka yang tak bisa melanjutkan ibadah haji pada tahun ini, pada tahun depan dapat kembali melaksanakan ibadah haji dengan status sebagai tamu Raja.

Keluarga korban luka yang masih di rawat di RS setempat juga dikabarkan akan diberikan visa untuk melakukan kunjungan ke Mekkah, agar bisa menemani para korban.

Komite investigasi insiden crane ambruk di Masjidil Haram melaporkan kepada Pemerintah Arab Saudi, bahwa angin yang kencang menyebabkan crane tersebut ambruk pada Jumat lalu. Belakangan ini diketahui bahwa crane ambruk tersebut tidak dalam posisi yang tepat.

Raja Salman juga telah meminta agar laporan tersebut terus dikembangkan dan diselidiki. Itu dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kesahalahan dari kontraktor, yaitu Saudi Binladin Group.

Share.

Leave A Reply