RANCAH POST Inilah manfaat santan untuk kesehatan tubuh Anda. Kelapa serta santan umumnya mendapat tanggapan buruk karena memiliki tingkat lemak jenuh tinggi. Namun, banyak orangĀ  di seluruh dunia menggunakan jus daging buah, susu serta minyak dalam segala hal dalam memasak untuk pencegahan penyakit. Selain itu, asam lemak awal di dalam santan dapat membantu penurunan berat badan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menurunkan resiko penyakit jantung dan juga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Seperti di kutip di dalam Health Benefits Times, berikut ini beberapa manfaat santan untuk kesehatan tubuh Anda.

Penyakit Jantung
Rantai asam lemak jenuh dalam susu kelapa juga mungkin akan meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah survei di “Asia Pasifik Journal of Clinical Nutrition” menunjukkan bahwa wanita Filipina yang makan minyak kelapa lebih memiliki profil lipid darah yang lebih sehat, penentu signifikan penyakit jantung. Rantai Asam lemak menengah dalam santan mungkin juga akan menghilangkan tiga jenis utama dari organisme aterogenik – bakteri yang menciptakan pembentukan plak di arteri – yang dapat mengakibatkan penyakit jantung.

Tulang Kuat
Meskipun santan tidak memiliki kandungan kalsium seperti yang dikandung oleh susu, (38 mg per cangkir), itu hanya sebuah sumber yang kaya fosfor. Ia menawarkan sekitar berapa banyak miligram fosfor per cangkir yang berperan untuk tulang yang kuat.

Pengobatan Arthritis
Selenium hadir dalam santan pasti anti-oksidan, yang mengurangi gejala arthritis dengan mengendalikan radikal bebas dan mengurangi kemungkinan peradangan sendi.

Menurunkan Kolesterol
Meskipun santan terdiri dari lemak jenuh, tapi sebenarnya dapat menurunkan kadar kolesterol dibandingkan dengan mentega dan susu krim berbasis. Hal ini disebabkan karena asam laurat yang meningkatkan HDL (kolesterol baik). Ketika memilih antara lemak jenuh, santan lebih cocok karena lebih sederhana bagi tubuh untuk memecah dan metabolisme lemak sehat seperti omega 6 asam lemak esensial.

Mengurangi Resiko Anemia
Penyakit anemia defisiensi besi adalah jenis penyakit yang paling umum dari anemia. Satu porsi tunggal santan menawarkan hampir seperempat dari asupan zat besi setiap hari.

Membantu Mengurangi Peradangan
Santan terdiri dari selenium, yang merupakan anti-oksidan yang besar yang mengelola jumlah radikal bebas dalam tubuh, dan karena itulah maka santan membantu mengurangi tanda-tanda arthritis.

Itulah beberapa manfaat dari santan untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply