RANCAH POST – Memaksimalkan Kinerja Samsung Galaxy V Plus. Setelah sebelumnya Samsung sukses dengan handset Samsung Galaxy V dan seri handset Samsung Galaxy J1 di kalas low-end, kini Samsung tampaknya ingin mengulang kembali kesuksesan mereka sebelumnya. Dengan merilis seri terbaru dari Samsung Galaxy V dengan nama Samsung Galaxy V Plus.

Smartphone mid-range dengan sejumlah keunggulan. Dan yang paling menyenangkan dari handset Samsung Galaxy V Plus ini adalah harga Samsung Galaxy V Plus yang dibanderol lebih murah dari smartphone low-end lain yang diproduksi Samsung sebelumnya. Termasuk Samsung Galaxy J1 dan Galaxy V.

Namun meski harga Samsung Galaxy V Plus ini terbilang cukup murah, jangan salah menilai kualitasnya. Karena ia juga memiliki sejumlah keunggulan yang cukup patut diperhitungkan, terlebih dengan OS Android v4.4.2 KitKat yang diusungnya, yang dilengkapi dengan fitur mempuni dari Samsung dan Android.

Nah, lalu apa sajakah fitur “Asyik” yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy V Plus ini. Termasuk kemungkinan untuk memaksimalkan kinerja dari Samsung Galaxy V Plus ini, sehingga ia dapat memenuhi semua kebutuhan pengguna. Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memaksimalkan kinerja Samsung Galaxy V Plus ini.

6 Cara Mudah Memaksimalkan Kinerja Samsung Galaxy V Plus : Menghemat Baterai dan Paket Data

1. Aktifkasn Mode Battery Saving untuk Menghemat Daya

Jika Anda keberatan dengan baterai 1500 mAh, tidak perlu mengupgrade baterai. Cukup gunakan mode Battery Saving. Caranya mudah, masuk ke menu “Setting > My Device” dan pilih tab “Power Saving Mode” kemudian ubah menjadi “ON”. Dan dengan memilih Power Saving Mode, Anda juga akan bisa mengatur bagaimana mode ini berjalan. Termasuk mengatur konsumsi daya pada perangkat Samsung Galaxy V Plus Anda.

2. Atur Screen Brightness dan Durasi Timmeout.

Dengan mengatur brightness dan durasi Timeout, kita bisa sedikit menghemat daya serta mengurangi kesibukan dari ponsel dalam bekerja. Dengan demikian, performa Samsung Galaxy V Plus ini bakal lebih baik lagi.

Untuk mengatur Brightness pada layar, masuk ke menu “Setting > My Device”. Kemudian pilih tab Brightness. Setelah itu buang centang pada pilihan “Automatic brightness”. Sisanya tinggal atur keceraahan layar sesuai keinginan Anda.

Dan untuk mengatur durasi timeout, atau kapan layar akan mati, tinggal pilih pada menu “Screen Timeout” di lokasi yang sama, kemudian atur berapa durasi yang Anda inginkan (dalam hitungan detik).

3. Nonaktifkan WiFi, GPS, Bluetooth dan Hotspot saat Tidak Digunakan

Fitur konektifitass seperti Bluetooth dan Hotspot tidaklah selalu digunakan setiap saat. Begitu pula dengan WiFi, dan GPS. Terkecuali dalam kondisi tertentu dimana ia dibutuhkan. Seperti di kantor atau Kafe Hotspot misalnya, atau saat kita benar-benar membutuhkan navigasi (untuk GPS).

Tapi ketika memang tidak benar-benar dibutuhkan, fitur ini sebaiknya dimatikan saja. Selain menghemat daya, ini juga bisa meningkatkan performa handset Samsung Galaxy V Plus.

Caranya mudah, untuk mengatur (menghidupkan dan mematikan ) fitur hotspot, tinggal masuk ke menu Setting > Connection. Lalu pilih tab More Network dan tap pada menu “Tethering & Mobile hotspot”. Kemudian setel Mobile Hotspot jadi OFF.

Untuk fitur lainnya, kembali ke homescreen, tarik status bar ke bawah. Di sini Anda bisa mengatur untuk menonaktifkan Wi-Fi, Bluetooth dan GPS.

4. Minimalkan Penggunaan Aplikasi Pihak Ke-3

Perlu diketahui bahwa beberapa aplikasi pihak ketiga bisa memangkas cukup banyak memori dan daya baterai bahkan ketika mereka tidak digunakan. Alasannya adalah kemampuan sejumlah aplikasi dalam menjalankan fungsi background. Semisal yang terjadi pada kebanyakan aplikasi berbasis internet. Dan dalam kasus yang cukup khusus, hal ini juga bisa memboros kuota paket internet Anda di handset Samsung Galaxy Noye V Plus. Sehingga untuk mengatasinya, kita perlu menonaktifkan atau menghapus sejumlah aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan dan jarang digunakan.

Caranya mudah. Masuk ke menu “Setting > More > Application Manager“. kemudian pindah ke panel “Download”. Piliha aplikasi yang ingin dinonaktifkan, dan tap pada tombol “Disable”. Dan jika ingin menghapusnya, pilih “uninstall > OK“.

5. Matikan Background Data

Seperti yang dikatakan pada poin 4 sebelumnya. Sejumlah aplikasi bisa menghabiskan kuota paket data Anda tanpa sadar. Hal ini mereka lakukan dengan menggunakan fungsi di background.

Untuk mengatasinya, masuk ke menu Settiing > Connection > Data Usage. Kemudian pilih menu dan ceklist pada pilihan “Restrict background data”.

6. Pastikan Software Samsung Galaxy V Plus Kamu Selalu Up To Date

Mengapa ini harus? Jawabannya sudah pasti kan, karena update software baru pastinya akan datang dengan perbaikan bugs (masalah) dan kinerja daya yang lebih baik. Dengan demikian, jika kamu ingin Samsung Galaxy V Plus kamu tetap maksimal, selalu update software kamu.

Cara updatenya mudah kok. Tinggal masuk ke menu Settings > More kemudian pilih menu About Device > Software Update. Kemudian pilih Check Now. Jika tersedia update baru, tinggal pilih Update Now.

Namun sebelumnya pastikan dahulu bahwa update ini aman, melalui beberapa forum yang membahas hal tersebut seperti di Kaskus atau di XDA. Karena tidak jarang update software malah memperburuk kondisi ponsel.

Mungkin sekian dulu mengenai cara memaksimalkan kinerja Samsung Galaxy V Plus untuk saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan terima kasih.

 

Share.

Leave A Reply