RANCAH POST Waspada! Ini dia bahaya mie instan bagi kesehatan. Seiring berjalannya waktu dan perubahan zaman, pola pikir manusianya pun menjadi berubah. Orang-orang selalu memilih hal-hal yang praktis dan instan dalam hidupnya termasuk makanan. Jika tengah malam kita merasa lapar, apa yang kita pilih? Tentu Anda akan lebih memilih untuk memasak mie instan yang tentunya mudah dan praktis.

Namun, tahukah Anda bahwa mie instan itu tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika mie tersebut dimakan dengan nasi. berikut beberapa bahaya mie instan bagi kesehatan.

Potensi terjadinya kegemukan
Sudah kita ketahui jika mie instan serta nasi sama-sama memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Apabila Anda terlalu sering memakan mie instan yang dicampurkan dengan nasi maka kalori yang terlalu banyak itu akan disimpan di dalam tubuh dengan bentuk lemak. Hal ini yang akan menjadikan tubuh menjadi gemuk dan juga obesitas.

Resiko terjadi diabetes melitus atau kencing manis
Kita tentu tahu pula bahwa karbohidrat yang ada dalam mie instan serta nasi nantinya akan berubah menjadi glukosa atau gula di dalam tubuh. Gula ini akan di proses oleh insulin yang dihasilkan oleh pankreas menjadi sumber tenaga. Apabila glukosa terlalu banyak, kerja pankreas dalam memproduksi insulin akan semakin berat. Lama-lama pankreas akan rusak. Sesudah pankreas rusak, pankreas tak dapat memproduksi insulin dengan baik. yang akan mengakibatkan glukosa akan semakin banyak ada di dalam tubuh yang akan menimbulkan penyakit diabetes.

Mie instan adalah bagian dari junk food
Mie instan yang sangat akrab dengan kita ini adalah makanan sampah. Hal ini disebabkan pada mie instan memiliki kandungan cukup tinggi karbohidrat serta lemak jenuh. Dalam mie instan tidak ada kandungan lain misalnya serat, proten maupun vitamin.

Kandungan sodium yang terlalu tinggi
Kandungan sodium yang sangat tinggi ini mengakibatkan tubuh Anda beresiko terserang penyakit jantung. Salah satu penyakit yang sering terjadi disebabkan efek sodium yaitu darah tinggi.

Beresiko terjadinya kanker
Di dalam mie instan ada lapisan lilin yang menjadikan mie tidak lengket juga tidak menggumpal. Lilin ini amat sulit sekali diproses oleh tubuh.

Itulah beberapa bahaya mie instan bagi kesehatan Anda. Tentunya Anda tidak ingin kan jika Anda terkena penyakit yang sangat mengerikan hanya karena cara hidup Anda yang salah? Ada baiknya mulai sekarang kurangi konsumsi mie instan, atau bahkan hindarilah makanan tersebut. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply