RANCAH POSTCara agar mudah melahirkan normal dan lancar. Cara melahirkan normal merupakan informasi yang pastinya akan selalu dicari oleh setiap wanita yang tengah hamil. Melalui persalinan yang lancar, ibu dapat lebih cepat untuk pulih kembali.

Supaya persalinan normal, lancar dan mudah, calon ibu sudah seharusnya menjaga fisik dan juga mentalnya. Banyak wanita yang sedang hamil merasa ketakutan dalam menghadapi persalinan sebab mereka mendengar cerita tentang rasa sakit yang dirasakan ketika melahirkan. Hal ini dapat memicu masalah tersendiri baik untuk calon ibu maupun bayi yang sedang dikandung.

Nah, tidak perlu untuk berpanjang-panjang ria lagi. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa tips agar lahir normal dan lancar yang dapat dilakukan oleh sang Ibu dalam menghadapi persalinan.

Menjaga Kesehatan Calon Ibu dan Anak
Saat tengah hamil, kesehatan merupakan hal yang sangat penting yang mesti diperhatikan. Kebanyakan wanita hamil mengalami muntah, pusing, dan kecapaian yang sering dan juga berat dibandingkan sebelum hamil. Hal tersebut sesungguhnya sangat wajar dan dirasakan oleh hampir semua wanita yang tengah mengandung. Tetapi apabila masalah kehamilan ini dianggap sangatlah berat dan juga menganggu, segeralah untuk mengunjungi dokter.

Olahraga dan Terapi
Selanjutnya salah satu cara melahirkan secara normal dan juga mudah yaitu sang ibu harus berolahraga ringan. Selain memperhatikan asupan makanan, wanita hamil juga wajib berolahraga secara rutin. Olahraga diyakini mampu melancarkan proses kelahiran bayi. Tetapi sebelum melaksanakan olahraga, Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Olahraga yang ringan misalnya jalan-jalan mengitari kompleks rumah sangat baik bagi wanita hamil.

Apabila diperlukan, Anda dapat melalukan terapi pijat sebagai salah satu cara agar melahirkan secara lancar. Terapi pijat ini mampu melancarkan proses persalinan normal lancar dan mudah. Namun jangan melaksanakan terapi pijat secara sembarangan. Hanya terapis yang telah mempunyai pengalaman yang dapat memijat ibu hamil. Memijat ibu hamil memerlukan teknik tertentu supaya tidak membahayakan janin yang sedang dikandung. Olahraga juga berguna untuk mempersiapkan posisi bayi.

Apabila terjadi kontraksi, Anda wajib untuk tetap tenang. Usahakan posisi badan Anda tetap tegak guna mempercepat proses pembukaan. Selain daripada itu, sering-seringlah untuk menarik nafas panjang saat sedang terjadi kontraksi. Hal tersebut merupakan cara yang mudah dan juga ampuh untuk meredakan nyeri. Saat sudah waktunya mengejan, dengarkan perintah dari bidan dan juga perawat.

Itulah beberapa cara agar melahirkan secara normal dan lancar. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang saat ini tengah mengandung ataupun bagi Anda yang belum dan akan mengandung suatu saat nanti.

Share.

Leave A Reply