New Horizons Terbang Lewati Pluto Diperingati Google Doodle

0
Google Doodle Planet Pluto
Google Doodle Planet Pluto

RANCAH POST – Google Doodle pada hari ini berbentuk sebuah planet, dikabarkan gambar animasi tersebut dipasang dalam rangka mengabadikana fakta baru terkait planet Pluto.

Baru-baru ini, berita terbaru menyebutkan planet tersebut tengah diteliti oleh pesawat tanpa awak milik NASA bernama New Horizons. Data terbaru mengatakan, prediksi ilmuwan tentang planet Pluto selama ini ternyata salah. Sungguh mengejutkan, planet itu ternyata lebih besar dari yang dahulu diprediksi oleh ilmuwan.

Faktanya Pluto sekarang memiliki diameter 2.370 km, jumlah tersebut ternyata sedikit lebih besar dari perhitungan awal. Menurut laman BBC, Senin (13/07/2015), data NASA menyatakan bahwa planet tersebut merupakan penemuan objek terbesar yang ditemukan ilmuwan sejauh ini di Sabuk Kuiper (Zona luar Sistem Tata Surya).

Untuk saat ini, New Horizons semakin dekat dengan Pluto. Sembari mengambil beberapa gambar Pluto, pesawat luar angkasa canggih tersebut juga mengambil foto bulan terbesar di planet Pluto, Charon. Sejumlah gambar terbaru mempertunjukan bahwa Charon memiliki banyak kawah.

William McKinnon selaku Wakil Kepala Ilmuwan Geologi dan Geofisika New Horizons katakan, “New Horizons telah menjadikan pandangan kita terhadap bulan (Pluto) ini berubah, yang tadinya hanya berbentuk bola es kini berubah menjadi dunia yang dipenuhi banyak aktivitas geologi.”

Menurut ilmuwan, kawah yang paling menonjol di bulan Charon terletak di wilayah Selatan. Sementara di bagian utara Charon masih terlihat gelap. NASA mengaku masih belum dapat menjelaskan wilayah tersebut, dan masih menunggu New Horizons terus mendekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here