RANCAH POSTMudik 2015 kali ini harus menjadi spesial bagi Anda yang ingin berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, untuk memastikan hal tersebut terwujud maka Anda harus mempersiapkan segala hal sebelum, sedang dan pasca mudik.

Memasuki puncak arus mudik 2015 kali ini, sebaiknya Anda lebih waspada di jalan dan mengikuti beberapa tips berikut ini.

kendaraan Anda Harus Siap
Servis dulu kendaraan Anda sebelum berangkat ke kampung halaman. Pemudik wajib merawat dan me-refresh kondisi kendaraan diantaranya, saringan udara, rem, ban dan mengganti aki.

Jangan Memaksa Jika Sudah Lelah Berkendara
Apabila jalur tempuh mudik Anda terbilang jauh, maka sebaiknya Anda beristirahat atau mungkin menginap terlebih dahulu di hotel kota singgahan sebelum sampai ke kampung halaman. Pesanlah kamar sebelum Anda berangkat mudik. Bukan hanya itu, pastikan Anda tahu alamat pelayanan kesehatan dan rumah makan di jalur mudik yang akan Anda lewati.

Persiapkan Pakaian Ganti
Bukan hanya membawa pakaian untuk dikenakan di kampung tujuan, Anda juga perlu menyediakan pakaian dalam tas berbeda untuk di perjalanan. Sediakan tas ganti pakaian khusus yang mudah dibawa. Apabila membawa bayi, posisikan pakaian bayi Anda di bagian paling atas tas.

Persiapan Medis di Perjalanan
Anda pasti mengenal P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), biasanya peralatan ini disimpan di kotak medis. Hal tersebut juga sebaiknya Anda bawa ketika mudik, diantaranya plester demam, minyak kayu putih, plester luka, obat luka dan jangan lupa obat-obatan untuk anak, seperti obat demam, flu, batuk, dan obat anti mabuk. Disarankan bagi pengemudi untuk tidak mengkonsumsi obat yang berefeksamping rasa kantuk.

Konsumsi atau Logistik
Hindari makanan yang terlalu asam atau pedas supaya Anda tidak mengalami gangguan pencernaan di perjalanan. Pemudik juga disarankan agar tidak makan berlebihan. Minum air mineral yang cukup saat pejalanan dan vitamin bila diperlukan.

Membawa Peralatan Penunjuk Arah
Supaya Anda tidak tersesat akibat lupa jalur atau pengalihan jalur mudik yang membuat Anda kebingungan, Anda disarankan membawa peralatan penunjuk arah seperti, GPS, Smartphone atau Peta.

Kondisi Fisik dan Mental
Macet memang tidak biasa Anda hindarkan selama perjalanan mudik, meningkatnya volume kendaraan dan fasilitas jalan yang kurang memadai menjadi salah satu pemicu kemacetan. Banyak pemudik yang terjebak macet tidak bisa mengontrol emosinya, sehingga kejadian yang tidak diinginkan kerap terjadi. Bukan hanya mental, fisik Anda juga harus bugar selama mudik.

Demikian tips mudik 2015 kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda, waspada dan jaga keselamatan Anda dan keluarga selam mudik.

Share.

Leave A Reply