RANCAH POSTManfaat puasa Ramadhan bagi kecantikan. Puasa ramadhan yang rutin dilaksanakan oleh umat muslim di seluruh dunia, selain mampu menjaga kesehatan, ternyata puasa bermanfaat pula untuk kecantikan. Ketika menjalani ibadah puasa selama kurang lebih 14 jam, selain kita menahan lapar dan juga haus, tubuh kita pun turut bekerja.

Selama seharian berpuasa, tubuh kita bekerja untuk menetralisir ulang fungsi sel-sel tubuh yang telah rusak. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat dari berpuasa untuk kesehatan dan juga kecantikan kita.

Regenerasi sel tubuh baru
Ketika berpuasa, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Seperti kulit yang harusnya lembab, menjadi terasa lebih kering dan juga kusam. Ketika itu, sel-sel tubuh kita segera melakukan regenerasi. Proses regenerasi sel-sel tubuh tersebut akan lebih cepat ketika kita berpuasa. Namun demikian, mengkonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka, sangat membantu proses kerja dari sel-sel tubuh kita.

Detoksifikasi
Detoksifikasi merupakan proses pembersihan racun dari dalam tubuh kita. Racun tersebut akan dikeluarkan secara bertahap. Detoksifikasi ini sangat baik bagi kesehatan kulit. Kulitmu akan terasa lebih segar dan bersih. Rutin menjalankan puasa juga juga bermanfaat untuk anti aging. Hal ini terjadi karena aktivitas tubuh yang melakukan regenerasi sel-sel tubuh yang rusak dan juga mati.

Menjaga berat badan
Untuk Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan, puasa adalah salah satu cara yang paling aman dan juga menyehatkan. Namun penting pula untuk memperhatikan dan menjaga asupan makanan.Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berserat, dan juga mengandung zat besi yang tinggi.

Menjaga kesehatan rambut dan kuku
Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan bergizi, dan juga mengkonsumsi air mineral, dapat membantu tubuh Anda untuk melakukan regenerasi sel tubuh. Jika rambut Anda rontok dan kuku terlihat kusam, itu merupakan indikasi bahwa tubuh Anda tengah mengalami proses regenerasi tersebut. Dengan begitu, tubuh Anda akan segera memperbaiki kerusakan tersebut dan memperbaharuinya dengan sel tubuh yang baru.

Mata terlihat bening dan bersih
Ketika berpuasa, mata akan terlihat lebih bening dan bersih. Hal ini terjadi karena adanya proses detoksifikasi yang dilakukan oleh tubuh. Racun yang dikeluarkan dari tubuh kita akan mempengaruhi kesehatan mata kita.

Itulah beberapa manfaat puasa Ramadhan bagi kecantikan. Selain mendapatkan pahala, kita juga dapat mendapatkan manfaat-manfaat lainnya yang akan terlihat langsung pada tubuh kita.

Share.

Leave A Reply