RANCAH POST –  Aneka resep minuman segar untuk berbuka puasa. Di cuaca yang panas, seringkali kita mengalami dehidrasi. Apalagi ketika berpuasa. Tentunya ketika berbuka puasa, kita menginginkan untuk meminum sesuatu yang segar agar haus kita terobati.

Tak perlu panjang lebar lagi, langsung aja berikut beberapa resep minuman segar yang dapat Anda sajikan pada saat berbuka puasa untuk sekedar menambah kesegaran dan keceriaan suasana buka puasa keluarga Anda di rumah, terutama di saat weekend seperti ini.

Resep es tamarind segar

Bahan-bahan es tamarind segar

1 cangkir buah asam
8 gelas air
2 sdt air mawar
Gula (sesuai selera)

Cara membuat es tamarind segar

Cuci buah asam dengan air yang mengalir, kupas kulitnya kemudian ambil bagian dagingnya. Letakkan buah asam dalam panci bersama dua gelas air, masak sampai mendidih. Dinginkan, lalu tambahkan air sisanya. Saring dengan menggunakan kain kasa. Peraslah buah asam sampai semua jusnya keluar. Simpan di dalam kulkas. Kemudian setelah dingin, tuangkan ke dalam gelas saji dan tambahkan gula serta beberapa tetesan air mawar.

Resep es leci segar

Bahan-bahan es leci segar

½ kg buah leci
½ kg buah rambutan
500 ml air
3 sdm sagu mutiara
125 ml santan kental masak
4 sdm susu kental manis
Es yang sudah dihancurkan secukupnya

Cara membuat es leci segar

Tiriskan buah leci dan rambutan, jangan buang airnya. Rebus air dan sagu mutiara dengan api sedang selama 15 menit sambil diaduk sesekali hingga sagunya transparan. Angkat dan siram dengan air dingin. tuangkan 1 sdm sagu mutiara ke dalam gelas, tambahkan es batu, 2 sdm santan,  buah leci dan rambutan. Tuangkan 2 sdm air buah yang tersisa ke dalam gelas dan 1 sdm susu kental manis di bagian atasnya. Hidangkan es leci segar ini selagi dingin.

Resep sparkling berry

Bahan-bahan minuman sparkling berry

500 gram strawberry
300 gram gula pasir
1 buah jeruk nipis
4 kaleng air soda
300 ml air
Es batu secukupnya

Cara membuat minuman sparkling berry

Potong strawberry dengan ukuran kurang lebih 0.5 cm. Kemudian rebus bersama air, gula dan jeruk nipis hingga mendidih. Kemudian kecilkan api dan biarkan hingga mengental sekitar 20-30 menit, simpan sirup di dalam botol lalu masukkan ke dalam kulkas.  Isi gelas dengan sekitar 50 ml sirup strawberry lalu tambahkan air soda dan es batu. Hiasi dengan strawberry utuh pada  gelas, sajikan.

Resep jus hijau segar sehat

Bahan membuat minuman jus hijau

150 gram melon kupas
75 gram apel kupas
100 gram nanas kupas
75 gram sawi hijau
1/2 buah jeruk nipis
100 ml air
es batu secukupnya

Cara membuat minuman jus hijau

Cuci bersih sawi hijau lalu rendam dengan air garam dan jeruk nipis selama 10 menit. Angkat, tiriskan. Potong-potong buah lainnya lalu masukan ke dalam blender. Masukan es batu lalu blender sampai halus dan merata. Tuang ke dalam gelas, hias dengan irisan-irisan apel. Segera minum jus Anda setelah diblender agar tidak teroksidasi.

Itulah beberapa resep minuman segar untuk teman buka puasa yang kami bagikan khusus untuk Anda. Semoga bermanfaat. Selamat berpuasa!

Share.

Leave A Reply