RANCAH POST – Prediksi Argentina Vs Kolombia di perempatfinal Copa America 2015. Berikut laga big match di babak perempatfinal Copa America 2015. Dua tim Amerika Selatan yang masuk daftar rangking FIFA terbaik, Argentina dan Kolombia akan saling bunuh di Estadio Sausalito, Vina del Mar, Sabtu (27/6/2015) pagi WIB.

Menjelang laga dilangsungkan, banyak pengamat mefavoritkan kedua tim sebagai juara beserta tuan rumah Cile dan Brasil. Sayangnya, sampai saat ini, dari 3 laga di babak penyisihan grup, baik Argentina maupun Kolombia sama-sama gagal menunjukan permainan yang sanggup memenuhi harapan semua pecinta sepakbola.

Meskipun keluar sebagai juara grup, Lionel Messi cs sangat kesulitan menunjukan permainan terbaiknya selama diatas lapangan. Pertandingan perdana kontra Paraguay jadi buktinya. Tampil impresif di babak pertama, performa Lionel Messi cs langsung drop di paruh kedua. Dalam 2 laga berikutnya, skuad asuhan Gerardo Martino pantas beruntung atas kemenangan tipis 1-0 versus Uruguay dan Jamaika yang diperoleh dengan begitu susah payah.

Martino pun terang-terangan mengakuinya. “Saya memang cemas mengingat kami tidak dapat mempertahankan ritme permainan selama 90 menit penuh. Kami butuh persiapan dimana lini belakang kami mampu menyikapi jalannya pertandingan yang lebih minim terjadi di zona kami,” jelas Martino.

Disamping soal ritme, Martino mesti berpikir ulang memasang komposisi pemain untuk formasi baku 4-3-3. Pasalnya, di 2 laga terakhir Messi cs sering kali buntu kala mengakhiri peluang di area sepertiga akhir permainan lawan. Padahal, di ajang Copa America 2015 kali ini, Kolombia menjadi tim dengan lini pertahanan terbaik, hanya kemasukan satu gol dari 3 laga.

Untuk itu, sepertinya Martino bakal kembali memasang striker Manchester City, Sergio Aguero, sebagai ujung tombak yang ditopang oleh Messi dan Angel Di Maria. Di partai pamungkas kontra Jamaika, Aguero dibangkucadangkan dan Gonzalo Higuain diberikan kesempatan. Di pos belakang dan tengah, tak ada masalah yang dihadapi Martino.

Yang menjadikan Argentina tenang jelang pertandingan big match ini ialah hilangnya dua pemain kunci dalam susunan lin up Kolombia, yakni Carlos Sanchez, dan gelandang bertahan yang menjadikan Messi mati kutu kala kedua tim berhadapan di penyisihan grup Copa America 2011, yang terkena akumulasi pasca memperoleh kartu kuning kedua di pertandingan kontra Peru, serta pekerja keras Edwin Valencia yang dibekap cedera lutut.

Martino optimis dengan absennya 2 pemain tersebut akan mempengaruhi kekuatan Los Cafeteros. “Absennya dua gelandang itu sangat krusial artinya bagi Kolombia. Saya tidak tahu apakah mereka memiliki stok pemain yang cukup untuk menggantikannya. Namun, pola permainan mereka tidak akan berubah drastis. Kami pun tidak pantas cemas dengan kekuatan mereka. Yang membuat saya lebih khawatir adalah soal wasit,” imbuh Martino merujuk kejadian saat di babak perempatfinal pertama antara Cile vs Uruguay.

Di kubu bersebrangan, juru racik Kolombia Jose Pekerman pastinya mesti ekstra keras guna mendapatkan komposisi pemain terbaik untuk menyiasati hilangnya Sanchez dan Valencia dan penyerang Carlos Bacca yang memperoleh kartu merah di partai lawan Brasil. Meski begitu, Pekerman menyatakan dirinya tetap mempercayai skuad yang tersisa.

“Bukan kali ini saja kami ditimpa faktor ketidakberuntungan seperti faktor cedera dan suspensi. Kami telah terbiasa untuk menyiasati situasi dan kondisi seperti ini. Skuat kami terdiri dari para pemain bertalenta di setiap posisi. Jadi, kami tahu amunisi kami masih cukup,” ungkap Pekerman yang diyakini akan memainkan Alexander Mejia untuk menggantikan Valencia.

Yang patut ditunggu adalah menanti strategi yang akan dimainkan Pekerman. Sebabnya, perjudian sang pelatih dengan kembali bertumpu pada Radamel Falcao di lini serang dalam skema 4-4-2, penampilan Kolombia justru jauh lebih buruk dibandingkan dengan penampilannya di Piala Dunia 2014 silam. Performa bintang muda James Rodriguez pun kian meredup.

Cederanya Sanchez dan Valencia bisa menjadi pemicu bagi Pekerman guna mengembalikan penampilan timnya dengan memainkan 5 pemain di area tengah. Formasi 4-5-1 yang dipasang Pekerman kala Falcao absen panjang, justru menjadikan penampilan Kolombia semakin menanjak. Jika Victor Ibarbo diturunkan, pertanda jelas Falcao akan kembali menghangatkan bangku cadangan.

5 pertemuan Argentina Vs Kolombia:
-07/06/13, Argentina 0 Vs 0 Kolombia (Pra Piala Dunia)
-15/11/11, Kolombia 1 Vs 2 Argentina (Pra Piala Dunia)
-06/07/11, Argentina 0 Vs 0 Kolombia (Copa America 2011)
-06/06/09, Argentina 1 Vs 0 Kolombia (Pra Piala Dunia)
-20/11/07, Kolombia 2 Vs 1 Argentina (Pra Piala Dunia)

5 pertandingan Argentina terakhir:
-20/06/15, Argentina 1 Vs 0 Jamaika (Copa America)
-16/06/15, Argentina 1 Vs 0 Uruguay (Copa America)
-13/06/15, Argentina 2 Vs 2 Paraguay (Copa America)
-06/06/15, Argentina 5 Vs 0 Bolivia (Persahabatan)
-31/03/15, Argentina 2 Vs 1 Ekuador (Persahabatan)

5 pertandingan Kolombia terakhir:
-21/06/15, Kolombia 0 Vs 0 Peru (Copa America)
-17/06/15, Brasil 0 Vs 1 Kolombia (Copa America)
-14/06/15, Kolombia 0 Vs 1 Venezuela (Copa America)
-06/06/15, Kolombia 1 Vs 0 Kosta Rica (Persahabatan)
-30/03/15, Kolombia 3 Vs 1 Kuwait (Persahabatan)

Share.

Leave A Reply