RANCAH POST – Ketika kita mendengar kata lumpur, yang ada di dalam pikiran kita adalah kotor, jijik, bikin gatal dan bau. Namun ternyata lumpur mengandung berbagai manfaat yang bagus untuk kecantikan kulit. Tak heran jika saat ini banyak salon-salon kecantikan yang menawarkan lumpur sebagai bahan dasar untuk perawatan kulit. Tetapi, lumpur yang digunakan bukanlah lumpur sembarangan.

Lumpur yang digunakan adalah lumpur dari laut mati, berasal dari gunung vulkanik yang kaya akan kandungan mineral. Manfaat lumpur yakni dapat mengangkat kotoran yang mengendap di kulit sehingga menyumbat pori-pori. Lumpur pun memiliki efek membersihkan secara menyeluruh, sehingga semua kulit normal dapat menggunakannya.

Untuk kulit berminyak, lumpur dapat mengangkat sel kulit mati sehingga wajah akan terasa lebih bersih. Jika Anda memiliki kulit yang kering, masker lumpur bisa digunakan untuk mengobatinya karena kandungan mineral dalam lumpur diyakini dapat melembabkan kulit.

Selain manfaat-manfaat di atas, berikut beberapa manfaat lain dari lumpur untuk kecantikan kulit kita.

Mengobati penyakit kulit
Lumpur dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit diantaranya eksim, psoriasis, (kulit bersisik), dan kemerahan di wajah (seperti jerawat). Selain itu, mandi dengan lumpur hangat juga dipercaya mampu mengobati penyakit peradangan pada sendi yang disertai rasa sakit, ngilu bahkan bengkak.

Menstimulasi sel kulit
Kandungan mineral dalam lumpur dipercaya dapat menstimulasi sel-sel kulit sehingga kulit menjadi lebih bercahaya.

Melembabkan
Lumpur disebut sebagai pelembab alami karena dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan sehat. Kandungan yang ada dalam lumpur pun dapat menyerap hingga ke pori-pori kulit, sehingga wajah menjadi tidak berminyak.

Pengelupasan
Masker lumpur ketika dibiarkan agak lama tentu akan mengering dan mudah terkelupas. ketika lumpur mengelupas, maka sel-sel kulit mati akan ikut terkelupas, sehingga kulit akan menjadi lebih cerah.

Menghilangkan noda
Seperti disebutkan pada poin pertama, lumpur dapat digunakan untuk menghilangkan noda kemerahan di wajah. Karena itu banyak wanita yang menggunakan masker lumpur mineral karena mampu menjaga kekencangan dan kebersihan kulit.

Demikian beberapa manfaat lumpur untuk kecantikan kulit. Tidak ada salahnya Anda mengikuti kebiasaan Ratu Cleopatra yang rajin melakukan perawatan kulitnya menggunakan masker lumpur. Selamat mencoba!

Share.

Leave A Reply