RANCAH POST – Hasil Chile Vs Uruguay di perempatfinal Copa America 2015 berakhir 1-0 bagi keunggulan Chile, tuan rumah mesti susah payah guna memastikan lolos ke semifinal Copa America 2015. Melawan juara bertahan Uruguay yang mengakhiri laga dengan 9 pemain, La Roja sukses menang tipis 1-0 melalui gol di 10 menit terakhir laga.

Pada duel perempatfinal yang digelar di Estadio Nacional, Santiago, Kamis (25/6/2015) pagi WIB, Chile mendominasi permainan sejak awal laga dengan total membuat 15 tembakan, 7 diantaranya menemui sasaran.

Sedangkan Uruguay lebih banyak dipaksa bertahan dan hanya mampu melakukan dua tembakan tepat sasaran sepanjang 90 menit.

Gol tunggal kemenangan Chile lahir di menit ke-81 melalui Mauricio Isla. Dua punggawa Uruguay diusir wasit pada babak kedua, yakni Edinson Cavani dan Jorge Fucile.

Berkat hasil ini membawa Chile ke babak semifinal Copa America untuk menantang pemenang antara Bolivia Vs Peru.

Pertandingan berjalan 3 menit, Chile telah memperoleh ancaman dari Uruguay. Sepakan keras Diego Rolan mesti ditepis dengan susah payah oleh kiper Claudio Bravo tepat di depan garis gawang.

Pada menit ke-11 Chile giliran memperoleh peluang kala Jose Valdivia membuat akselerasi sampai area kotak penalti Uruguay. Setelah mengelabui satu pemain terakhir, dia melesakan tendangan yang masih melambung di atas mistar gawang.

Di 45 menit pertama Chile mendominasi laga dan tidak memberi peluang Uruguay untuk mengembangkan permainan. Kerja sama Alexis Sanchez, Valdivia, dan Arturo Vidal menjadikan lini pertahanan Uruguay kocar-kacir.

Memasuki menit ke-36 Vidal mencoba melakukan sepakan keras dan memaksa kiper Muslera memblok bola tersebut. Untungnya bola rebound dari Muslera tidak dapat dimaksimalkan pemain Chile.

Sementara itu Uruguay coba memaksimalkan tendangan bebas guna mengancam gawang Chile, tapi kera kandas.

Skor sama kuat 0-0 bertahan sampai babak pertama usai.

Enam menit selepas turun minum Uruguay memberi ancaman kala Cavani melesakan sepakan voli dari jarak 35 yard. Namun bola masih melambung di atas mistar gawang.

Memasuki menit ke-53 dari set piece tendangan bebas Uruguay, terjadi kemelut di area pertahanan Chile dan bola tepat menuju kaki Rolan. Untungnya sepakan Rolan melebar tipis di samping gawang Bravo.

Uruguay mesti kehilangan Cavani di menit ke-63 sebab memperoleh kartu kuning kedua. Hukuman itu dijatuhkan wasit setelah Cavani dinilai menampar Gonzalo Jara.

Kurangnya satu pemain diatas lapangan tak menjadikan Uruguay kehilangan taji sebab mereka dapat mengancam pada menit ke-78 melalui Carlos Sanchez. Namun, sepakan voli dari jarak 30 yard dapat diantisipasi oleh Bravo.

Deadlock akhirnya pecah tepat menit ke-81 saat Isla mengantarkan Chile unggul 1-0. Halauan bola kurang sempurna dari kiper Muslera membuat bola mengarah ke kaki Valdivia. Dia lantas memberikan umpan kepada Isla yang dengan tenang melakukan plesing bola ke pojok kiri gawang Muslera.

Uruguay semakin menderita saat satu lagi pemain Uruguay harus keluar lapangan karena memperoleh 2 kartu kuning. Kini giliran Jorge Fucile di menit ke-88 pasca tekel telatnya kepada Sanchez.

Skor akhir 1-0 tetap bertahan bagi keunggulan Chile dan mereka memastikan diri melaju ke babak semifinal Copa America 2015.

Share.

Leave A Reply