Jumat, 7 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 5 Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Berbuka Puasa

5 Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Berbuka Puasa

RANCAH POST – Puasa mengharuskan Anda umat Islam, untuk tak makan mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Namun, bukan berarti kualitas makanan yang Anda konsumsi jadi berkurang. Pastikan tubuh Anda memperoleh nutrisi sewaktu berbuka puasa.

Berikut lima makanan sehat yang sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi sewaktu berbuka puasa.

Kurma
Kurma kaya akan glukosa, fluktosa, dan kalium yang tinggi sekitar 64% lebih banyak dibanding dengan pisang. Selain itu, beta-D-glukan dan serat larut juga terkandung dalam kurma yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kurma mampu meningkatkan rasa kenyang, jadi untuk Anda yang sedang diet Anda bisa mengkonsumsi kurma tanpa perlu khawatir akan makan berlebihan.

Madu asli
Pytochemical dan flavonoid banyak terkandung dalam madu asli yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Madu juga bisa menjadi anti-bakteri sekaligus sumber energi bagi tubuh. Hal ini dibuktikan melalui pengujian oRAC yang mengungkapkan bahwa madu merupakan makalan alami dengan kandungan anti-oksidan tertinggi di dunia. Anda bisa menjaga kesehatan tubuh Anda selama bulan Ramadhan dengan mengkonsumsi madu asli sekitar 1-2 sendok makan saat sahur dan berbuka puasa.

Ikan
Minyak ikan DHA dan EPA diyakini mampu memperbaiki fungsi otak, mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Untuk itu mengkonsumsi ikan dengan teratur akan memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsi beberapa ikan yang bagus untuk kesehatan tubuh saat bulan puasa seperti ikan salmon, cod, nila, ataupun tuna.

Buah ara
Ada banyak mineral penting yang terkandung dalam buah ara, seperti zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium. Selain itu, buah ara juga kaya akan serat-serat yang baik untuk pencernaan tubuh. Buah Ara mampu membuat pH tubuh yang asam jadi seimbang.

Minyak zaitun
Omega 9 dan asam lemak oleat yang terkandung dalam minyak zaitun terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan anti-oksidan. Anda bisa mengganti minyak sayur Anda dengan minyak zaitun untuk memasak makanan favorit Anda sewaktu berbuka puasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,202FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan