RANCAH POST – Saat berpuasa Anda memang tak bisa mengkonsumsi banyak makanan dan minuman, namun bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan terutama dalam hal olahraga. Olahraga akan membuat tubuh Anda tetap bugar dan sehat meski sedang berpuasa.

Namun, Anda tak bisa dengan sembarangan melakukan kegiatan olahraga seperti hari-hari biasa di luar bulan puasa. Perhatikan asupan nutrisi, jenis dan waktu olahraga. Jika tidak, kesehatan Anda justru akan menjadi buruk. Sebelum berolahraga Anda harus memperhatikan beberapa hal saat berpuasa.

Sesuaikan jenis olahraga
Perhatikan jenis olahraga apa yang akan Anda lakukan selama berpuasa. Jangan paksakan diri Anda untuk melakukan olahraga di waktu siang ataupun pagi hari dengan porsi yang cukup berat bila memang tak kuat. Anda hanya akan merasa kelelahan yang berlebih padahal ada banyak aktivitas yang harus Anda lakukan. Saat berpuasa konsumsi nutrisi tubuh Anda berkurang sehingga energi cepat habis. Untuk itu, pilihlah olahraga yang lebih ringan.

Waktu mengonsumsi protein
Saat berpuasa Anda tak bisa sering-sering mengkonsumsi beberapa porsi kecil protein dalam sehari. Namun, tak perlu khawatir Anda bisa mengkonsumsi cukup protein saat sahur dan berbuka puasa.

Sebaiknya konsumsi banyak protein di saat Anda berbuka puasa entah itu dalam bentuk makanan apapun asalkan bukan berupa bubuk protein. Tubuh akan lebih lama menyerap protein dalam bentuk makanan sehingga tubuh Anda bisa lebih lama bertenaga.

Konsumsi karbohidrat saat sahur
Jangan sampai Anda melewatkan waktu sahur Anda saat bulan Ramadhan. Karena dengan sahur tubuh Anda akan mendapat asupan energi sehingga kuat untuk beraktivitas setelahnya bahkan berolahraga. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein saat sahur. Karbohidrat mampu memberikan asupan energi saat Anda berolahraga saat bulan puasa, meskipun tak cukup membuat Anda bertenaga seperti saat Anda mengkonsumsinya pada hari-hari biasa. Selain itu, karbohidrat juga mampu mencegah Anda cepat lelah atau kekuranag karbohidrat selama berpuasa.

Perhatikan waktu olahraga
Selain memperhatikan jenis olahraga saat berpuasa, sangat penting juga memperhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga. Saat Anda merasa sedang bertenaga atau beberapa jam sesudah sahur adalah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Sebaiknya hindari untuk melakukan olahraga di waktu siang hari saat berpuasa karena hanya akan membuat tubuh Anda cepat lelah dan tak berenergi. Anda bisa berolahraga beberapa jam sesudah sahur ataupun malam hari sesudah berbuka puasa.

Penuhi cairan tubuh
Jika Anda merasa haus itu menandakan tubuh Anda butuh cairan. Tapi, Anda tak bisa mengkonsumsi banyak cairan saat berpuasa. Untuk itu, konsumsilah air sebanyak mungkin saat sahur dan berbuka puasa untuk memenuhi cairan dalam tubuh Anda. Meminum air putih ataupun minuman isotonic jauh lebih baik jika dibandingkan dengan minuman olahraga yang kaya akan gula ataupun minuman yang berkafein tinggi karena akan membuat tubuh Anda cepat kekurangan cairan.

Share.

Leave A Reply