RANCAH POST – Umat Muslim akan sangat senang dengan kedatangan bulan Ramadhan. Semua umat Muslim akan sangat antusias untuk menjalankan ibadah-ibadah pada bulan suci ini, salah satunya adalah puasa. Kebanyakan orang akan sangat senang menjalankan ibadah puasa saat bulan Ramadhan, baik dari anak-anak hingga orang tua.

Semua orang menginginkan beribadah tanpa ada halangan. Namun untuk wanita, pasti akan ada halangan saat berpuasa, seperti menstruasi. Wanita yang sedang mengalami menstruasi sangat dilarang untuk mengikuti ibadah-ibadah di bulan Ramadhan maupun di bulan-bulan yang lainnya.

Selain itu, biasanya ibu hamil muda juga dianjurkan untuk tidak berpuasa karena dikhawatirkan bisa mengganggu janin yang ada di dalam kandungan. Untuk itu, bagi Anda yang sedang hamil muda dan ingin tetap menjalankan puasa, berikut ini beberapa tips puasa saat hamil muda yang bisa Anda lakukan.

Berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu
Tips puasa saat hamil muda yang pertama adalah konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Setiap orang memiliki kesehatan fisik yang berbeda-beda. Oleh karena itu berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum melakukan puasa. Apakah kesehatan Anda memungkinkan Anda melakukan puasa atau tidak. Ini agar kesehatan ibu dan sang buah hati tetap terjaga dengan baik. Ada ibu yang mampu atau kuat melakukan ibadah puasa saat sedang hamil, namun ada juga yang tidak kuat.

Hindari stress
Jika Anda dapat menjalankan ibadah puasa, tips puasa saat hamil muda yang kedua adalah menjaga diri agar tidak mengalami stress.

Mengatur pola istirahat dengan baik
Ketika Anda tidak berpuasa, Anda akan disarankan untuk banyak istirahat. Apalagi saat berpuasa, Anda harus mampu lebih mengatur jam istirahat Anda, mengatur pola istirahat Anda agar Anda tidak mudah lelah. Karena saat puasa Anda tidak makan dan minum selam 15 jam, sang ibu hamil harus mampu menjaga pola istirahat dengan benar atau bahkan sangat benar.

Mengkonsumsi suplemen
Biasanya ibu hamil akan mengalami mual pada pagi hari, sehingga akan mengganggu puasa. Oleh sebab itu, konsultasikan ke dokter agar mendapatkan nutrisi atau suplemen yang mampu membuat rasa mual berkurang.

Makan secara perlahan saat sahur dan berbuka puasa
Tips puasa saat hamil muda yang lainnya adalah jangan membuat pencernaan bekerja dengan cepat, apalagi jika sehari perut kosong seperti saat berpuasa. Makanlah dengan perlahan atau tidak terburu-buru. Ibu hamil sangat memerlukan banyak energi, oleh karena itu saat Anda sahur Anda usahakan mendekati waktu imsyak.

Mengkonsumsi makanan berprotein
Konsumsilah makan yang mengandung protein agar Anda kuat menghadapi aktivitas seharian. Selain itu, ibu hamil juga harus mengkonsumsi banyak sayur dan buah yang kaya akan serat. Anda juga harus mengkonsumsi vitamin khusus ibu hamil agar kondisi Anda tetap fit dan kesehatan Anda beserta janin tetap terjaga.

Memilih makanan yang tepat
Tips puasa saat hamil muda selanjutnya adalah memilih makanan yang tepat. Saat Anda sahur maupun berbuka, konsumsilah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin dan nutrisi lain yang menyehatkan tubuh. Sebaliknya Anda coba untuk menghindari makanan yang memiliki banyak kandungan lemak, karena sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Menjaga kesehatan
Sebelum Anda melakukan puasa, Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh agar saat berpuasa tidak terdapat penyakit menyerang. Jika saat puasa Anda terserang penyakit, maka akan mengganggu kesehatan janin yang ada di dalam kandungan Anda. Oleh karena itu, ibu hamil yang ingin melakukan ibadah puasa, sebaiknya menjaga kesehatan tubuh baik saat tidak berpuasa atau saat berpuasa, agar nantinya Anda dapat melakukan puasa dengan nyaman.

Semoga tips puasa saat hamil muda di atas bisa bermanfaat.

Share.

Leave A Reply