Kamis, November 26, 2020
Beranda Berita Berita Nasional Hasil Sidang Isbat 2015 Segera Diumumkan Kemenag

Hasil Sidang Isbat 2015 Segera Diumumkan Kemenag

RANCAH POSTSidang Isbat 2015 kini tengah digelar oleh Kemenag, para tokoh dan ulama untuk menentukan awal Ramadhan, Selasa (16/06/2015). Apakah awal puasa akan dimulai Rabu atau Kamis?.

Lukman Hakim Saifuddin selaku Menag kayakan, “Pemerintah tentu hanya akan menetapkan apa yang mejadi kesepakatan para tokoh, para ulama, para pakar astronomi, terkait kapan 1 Ramadan jatuh. Apakah Rabu atau Kamis, itu berpulang pada sidang isbat.”

Kemenag sudah mengerahkan para ahli di semua provinsi untuk melihat kemunculan hilal atau bulan baru sebagai tanda masuknya awal bulan Ramadhan. Menag mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia baik yang berpuasa atau pun tidak untuk saling menjaga toleransi.

Seperti diketahui sidang Isbat 2015 dibuka pada pukul 16.30 WIB, salah seorang pegawai Kemenag katakan, “(Sidang isbat) dimulai pukul 16.30 WIB, diawali dengan paparan Badan Hisab dan Rukyat,” Selasa (16/05/2015).

Lebih lanjut lagi, pasca Kemenag menerima laporan hasil hisab dan rukyat terkait dengan posisi hilal yang mengawali 1 Ramadhan. Ba’da maghrib Kemenag akan melakukan sidang Isbat 2015 secara tertutup bersama beberapa ormas Islam, tokoh agama dan duta besar negara sahabat. Hasil sidang Isbat kemudian akan diumumkan kepada publik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here