Kamis, Desember 3, 2020
Beranda Berita Berita Nasional Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan Besok

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan Besok

RANCAH POST – Terkait sidang isbat penentuan awal Ramadhan tahun ini, Machsin selaku Dirjen Bimas Islam Kemenag mengatakan, pemerintah akan melaksanakan sidang Isbat secara tertutup di Gedung Kemenag, Jakarta pada Selasa (16/06/2015).

Menurut laman resmi Kemenag, Muchsin katakan, “Sidangnya tertutup. Hasilnya disampaikan secara terbuka,” Minggu (14/06/2015).

Sidang Isbat penentuan awal Ramadhan akan dihadiri pleh sejumlah perwakilan ormas Islam dan negara sahabat. Proses sidang Isbat akan dilaksanakan ba’da sholat magrib dan diawali pemaparan dari Badan Hisab dan Rukyat Kemenag, mengenai posisi hilal jelang awal Ramadhan 1436H.

Muchsin tambahkan, “Sidang digelar setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal, dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia.”

Sebelumnya, dalam sidang Isbat penentuan awal Ramadhan pihak Kemenang juga melakukan pertemuan dengan sejumlah pakar dan ahli hisab dan rukyat. Pertemuan tersebut dihadiri oleh beberapa ormas Islam, Mahkamah Agung, LAPAN, IAIN/UIN, Bosccha, ITB BMKG, serta beberapa badan lain yang berkaitan dengan hisab dan rukyat.

Mengenai sidang Isbat penentuan awal Ramadhan digelar secara tertutup. Sebelumnya, Saleh Partaonan Daulay selaku Ketua Komisi VIII DPR RI meminta Kemenag menggelar sidang tersebut dilaksanakan secara tertutup. Hal itu diminta supaya menghindari polemik beda pendapat dan kisruh di tengah-tengah masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here