RANCAH POST – Bulan kesembilan pada kalender Islam merupakan bulan Ramadhan, dan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam adalah puasa. Pada saat puasa kita diwajibkan tidak makan dan minum sekitar 15 jam yakni mulai sahur hingga buka. Puasa ini dilaksanakan untuk meningkatkan ketakwaan dan kepercayaan umat Islam kepada Allah SWT.

Selain itu juga puasa diperuntukkan agar kita sebagai Muslim mampu menahan hawa nafsu kita baik emosi, nafsu ingin makan, minum dan lain sebagainya. Ada beberapa orang yang merasa puasa itu menyiksa, sebenarnya puasa itu sangat baik untuk kesehatan. Banyak sekali manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan kemampuan otak
Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan tubuh adalah mampu meningkatkan kemampuan otak. Dengan melakukan ibadah puasa otak mampu menurunkan neutropik yang sangat bermanfaat untuk tubuh yakni memproduksi sel-sel otak lebih banyak, sehingga fungsi otak kita akan meningkat.

Mengurangi stress
Saat berpuasa tingkat seseorang mengalami stress akan berkurang, ini disebabkan karena pada saat berpuasa kelenjar adrenalin mampu menurunkan jumlah dari hormone kortisol.

Menjaga kesehatan jantung
Kesehatan pembuluh darah dan jantung juga akan terjaga jika Anda melakukan puasa saat bulan Ramadhan. Ini dapat terjadi karena LDL menurun dan HDL meningkat saat Anda melaksanakan puasa. Dengan hal tersebut kesehatan pembuluh darah dan jantung akan tetap aman.

Menurunkan berat badan
Manfaat puasa bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan Anda. Ini disebabkan dengan berpuasa kadar kolesterol di dalam darah dapat berkurang sehingga berat badan lama-lama akan menurun. Kesehatan jantung akan sangat terjaga apabila kadar kolesterol menurun.

Menghindari serangan stroke
Penyakit stroke dan jantung tidak akan menghampiri orang yang berpuasa, karena kadar kolesterol menurun sehingga penyakit-penyakit tersebut tidak akan menghampiri Anda.

Pikiran menjadi lebih tenang
Pikiran menjadi melambat (tidak mudah marah) dan lebih tenang saat menjalankan ibadah puasa. Kita dapat berpikir lebih tajam atau teliti jika pikiran kita melambat atau tidak tergesa-gesa. Sehingga nantinya Anda dapat memecahkan masalah dengan lebih teliti dan lebih tajam, dan keputusan yang Anda ambil pun akan lebih maksimal hasilnya.

Mengurangi kebiasaan buruk
Puasa juga bisa membantu mengurangi kebiasaan buruk. Jika Anda mempunyai pola makan buruk, Anda dapat memperbaikinya saat menjalankan ibadah puasa. Ini dikarenakan saat berpuasa Anda diwajibkan tidak makan selama 15 jam. Dan Anda dapat mengatur ulang pola makan Anda saat puasa dengan pola makan yang sehat. Dan ketika Anda sudah melewati bulan puasa, kebiasaan pola makan sehat dapat Anda terapkan saat hari-hari biasa. Salah satu pola hidup tidak baik adalah merokok, dengan puasa Anda dapat menghentikan kebiasaan ini. Sehingga setelah berpuasa Anda kan berhenti merokok. Karena untuk berhenti merokok sangatlah susah, sehingga dengan bantuan puasa Anda akan mampu menghilangkan kebiasaan tersebut.

Menjaga kesehatan ginjal
Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang lainnya adalah menjaga kesehatan ginjal Anda. Ginjal sangatlah penting untuk tubuh, dan ginjal sangat bekerja keras karena menyaring segala makan dan minuman yang kita konsumsi dari bahan-bahan berbahaya. Dengan berpuasa maka akan membuat kekuatan osmosis urine dapat tercapai dan fungsi ginjal akan sangat maksimal. Kekuatan osmosis urine di dalam tubuh adalah 1000 – 12000 ml osmosis per kg air. Selain itu, dengan berpuasa racun di dalam tubuh akan keluar atau terdetoks dengan baik. Dalam satu bulan pencernaan akan mengeluarkan racun bersama dengan kotoran2.

Demikianlah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan, jadi mulai sekarang jangan ragu dan merasa tersiksa saat melakukan puasa. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply