Rabu, 15 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa

Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa

RANCAH POST – Di dalam kalender Islam pada bulan ke 9 adalah bulan Ramadhan atau biasa disebut bulan puasa. Di dalam bulan tersebut seluruh umat Islam di dunia bersama-sama untuk berkomitmen meningkatkan ketakwaan dan keimanan. Pada bulan Ramadhan, salah satu ibadah yang wajib untuk dilaksanakan adalah puasa, para umat Islam di tuntut untuk menahan diri mereka masing-masing untuk tidak minum dan makan selama fajar hingga senja.

Pola asupan nutrisi akan terpengaruh dengan puasa ini, biasanya orang puasa pada hari pertama akan merasa lemah dan mudah lelah, ini dikarenakan tubuh sedang beradaptasi dengan pola makan yang berubah. Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat diet saat bulan puasa.

Berikut adalah tips diet saat puasa

Mengatur jadwal makan
Untuk menjalankan diet saat puasa, Anda harus mampu mengatur jadwal makan dengan sebaik mungkin. Buatlah jadwal makan sehari 3 kali seperti hari-hari biasanya, yang membedakan adalah jam untuk makannya. Pada saat puasa Anda dituntut untuk tidak makan dari fajar hingga senja. Itu menandakan tidak ada makan siang. Pada saat bulan puasa, makan siang berada di jam habis maghrib dengan mengkonsumsi camilan atau makanan ringan (Anda dapat memilih makanan yang segar dan manis), untuk sarapan Anda masukkan ke waktu sahur. Dan makan malam Anda dapat melakukannya setelah sholat tarawih.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi
Agar diet sehat Anda berjalan dengan baik saat bulan puasa, Anda harus mampu memilih makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Contohnya adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan kaya akan serat. Seperti sayuran, roti gandum, buah-buahan, kacang, dan beras merah. Beras merah sangat cocok jika dikonsumsi saat sahur, karena beras merah akan dicerna oleh lambung dengan waktu yang lama, sehingga akan menahan rasa lapar pada siang hari. Selain itu juga kandungan serat di dalam beras merah sangat bagus untuk meningkatkan atau menjaga energi di dalam tubuh Anda. Ketika Anda berpuasa biasanya akan mudah lelah dan lemas.

Hindari gorengan
Bulan puasa kebanyakan orang memilih snack saat berbuka puasa berupa gorengan. Dan gorengan itu sendiri merupakan salah satu pantangan bagi orang yang sedang diet, oleh karena itu jika Anda sedang diet pada bulan puasa, hindarilah mengkonsumsi makanan yang cara pengolahannya digoreng. Namun masyarakat Indonesia sangat susah untuk dipisahkan dengan makanan yang digoreng, oleh karena itu jika Anda menginginkan masakan gorengan, pilihlah makanan yang menggorengnya dengan menggunakan sedikit minyak. Atau Anda dapat mengganti makanan gorengan dengan cara dipanggang, bakar atau direbus.

Jangan makan secara tergesa-gesa
Tips diet sehat saat bulan puasa yang selanjutnya yaitu pada saat Anda makan usahakan Anda makan dengan perlahan jangan terlalu tergesa-gesa, karena akan menyebabkan sakit perut. Perut akan kosong selama sehari, jika Anda memakan makanan yang banyak ini akan membuat lambung bekerja sangat keras, oleh karena itu makanlah dengan perlahan.

Tetap melakukan olahraga
Untuk diet sehat biasanya salah satu sarannya adalah dengan berolahraga. Namun saat bulan puasa apakah Anda dapat berolahraga? Berolahraga akan membuat cairan di dalam tubuh kita berkurang dengan cepat sehingga mudah lelah dan haus. Sedangkan saat puasa dalam sehari Anda tidak boleh makan atau minum. Untuk mengganti olahraga saat puasa Anda dapat melakukan jalan di malam hari sekitar 30 menit. Dengan melakukan jalan pada malam hari ini bisa sebagai pengganti olahraga, jalan kaki ini di lakukan pada malam hari agar tidak mengganggu puasa Anda.

Semoga tips diet saat puasa di atas bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,352FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan