RANCAH POST – FIFA baru saja memberikan vonis sanksi bagi PSSI pada Sabtu (30/5) karena dinilai ada campur tangan pihak ketiga yakni dalam hal ini Pemerintah melalui Kemenpora.

Sanksi diberikan FIFA lewat surat yang ditandatangani oleh Sekjend Jerome Valcke. Sejak kala itu, sepakbola Indonesia menjadi pusat atensi dunia baka selebritis dunia.

Kantor berita harian Reuters menerbitkan berita dengan headline Indonesia government takes responsibility for ban (Pemerintah Indonesia bertanggungjawab atas sanksi).

Reuters memberikan perhatian atas sanksi FIFA yang bearkibat pada absennya timnas Indonesia pada Pra Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019. Meski begitu, timnas U-23 masih diperbolehkan berpartisipasi di ajang SEA Games 2015 di Singapura bulan Juni 2015.

“Pemerintah mempunyai niatan untuk bertanggung jawab atas jatuhnya sanksi ini dan terus memacu reformasi dalam manajemen sepakbola yang diharapkan bakal memungkinkan negara ini untuk secepatnya ambil bagian dalam ajang internasional lagi,” jelas Menpora, Imam Nahrawi.

“Kita mesti menghormati Statuta FIFA, tapi pengalaman pahit ini sudah menjadi pelajaran untuk kita semua. Pemerintah tak mengabaikan bahwa sejumlah langkah strategis mesti diambil atas konsekuensi dari sanksi,” sambung Imam.

Dilihat dari sudut pandang yang lain, ESPN Asia memberikan perhatian perjuangan timnas U-23 dengan memberi judul ‘Indonesia can play in SEA Games football despite FIFA suspension’ (Indonesia dapat bermain di SEA Games walau disanksi FIFA).

Skuad Garuda Muda nanti akan bersama dengan tuan rumah Singapura, Myanmar, Thailand, dan Kamboja di grup A. Pertandingan perdana mereka bakal digelar di Std. Jl. Besar pada 2 Juni kontra Myanmar.

Federasi sepakbola Indonesia dihukum oleh badan dunia yang mengaturnya di Kongres ke-65 mereka, sebab ada intervensi pemerintah. Seperti itulah arti judul ‘FIFA Congress: Indonesian FA suspended by world governing body for government meddling, kabar berita yang dirilis portal news ABC pada Minggu (31/5/2015) pagi tadi.

Media massa asal Australia juga menyoroti sanksi FIFA yang dijatuhkan untuk PSSI sebab pemerintah Indonesia dinilai mengintervensi liga domestik, serta tuntutan FIFA kepada PSSI dan Kemenpora supaya segera mencari solusi bagi kepentingan timnas sendiri.

Timnas senior rencananya bakal tampil di pra Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019. Laga terdekat skuad Garuda ialah menghadapi Taiwan pada 11 Juni dan menjamu Iran lima hari berselang.

Sanksi FIFA tersebut jatuh disaat dengan terkuaknya skandal korupsi paling besar yang menimpa federasi sepakbola dunia tersebut sejak 111 tahun berdiri.

Petinggi FIFA, termasuk didalamnya wakil presiden Jeffrey Webb, diciduk usai diduga terlibat skandal suap yang sedang diinvestigasi oleh FBI, pihak keamanan Swiss dan lainnya.

Share.

Leave A Reply