RANCAH POST – Adu gahar antara Samsung Galaxy J1 dengan Samsung Galaxy Ace 4 bisa dikatakan debagai pertarungan sedarah. Karena bagaimanapun, kedua handset ini masih merupakan saudara yang terikat oleh nama besar keluarga Samsung Galaxy. Terlebih keduanya memasar di kelas yang sama, meski jeda usianya cukup jauh berbeda, yakni 6 bulan atau setengah tahun.

Yup, dengan Samsung Galaxy Ace 4 sebagai sang kakak yang tidak mau melepaskan pasar yang ia pegang selama setengah tahun belakangan ini, Galaxy J1 justru hadir layaknya adik kecil yang siap merebut semua perhatian.

Spesifikasi Samsung Galaxy Ace 4 vs Galaxy J1

Coba kita lihat saja, Samsung Galaxy J1 hadir dengan ukuran layar yang lebih besar, yakni 4,3 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel. Layar ini dilengkapi dengan fitur multitouch dengan kepadatan layar mencapai 217ppi. Layar ini sendiri dibungkus dengan balutan body berukuran 129 x 68.2 x 8.9 mm dengan bobot mencapai 112 gram.

Sementara itu, meski hadir denga resolusi layar serupa, 480 x 800 piksel, ukuran layar Galaxy Ace 4 agaknya sedikit lebih kecil, yakni hanya 4 inci saja, dengan kepadatan layar lebih tinggi, 233ppi dengan fitur Multitouch yang menyertainnya. Lebih kecil dan lebih tebal, body yang membungkus layar dari galaxy Ace 4 ini berukuran 121.4 x 62.9 x 10.8 mm dengan bobot 143 gram.

Jauh lebih dalam, Samsung Galaxy Ace 4 kembali tertinggal hanya dengan CPU berkecepatan 1 GHZ saja yang dilengkapi dengan RAM 1GB. Sementara Galaxy J1 malah lebih unggul dengan chipset Spreadtrum berisi CPU Dual-core 1,2GHz Cortex-A7 yang didukung GPU Mali-400 dan 512MB RAM.

Dan untuk media simpan, keduanya sama-sama dilengkapi dengan internal memory sebesar 4GB dengan OS Android 4.4.2 KitKat pada Galaxy Ace 4 dan Android 4.4.4 KitKat pada Galaxy J1.

Dan meski keduanya menawarkan kamera utama berkekuatan 5MP lengkap dengan fitur gahar seperti LED Flash dan Autofokus, serta kemampuan rekam video dengan kualitas 720p@30fps, Samsung Galaxy J1 kembali lebih unggul dengan kamera utama berukuran 2MP. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Samsung Galaxy Ace 4 sendiri hanya menggunakan sensor kamera VGA di bagian depan.

Konektifitas keduanya juga cukup lengkap. Seperti fitur slot micro-SIM dualSIM dengan jaringan GSM 2G dan 3G HSPA. WiFi, WiFi Direct dan Hotspot, serta tidak lupa dengan adanya Bluetooth v4.0, microUSB v2.0 dan GPS.

Sementara itu, untuk masalah baterai, Samsung Galaxy Ace 4 kembali tersingkir, karena hanya dibekali dengan baterai Li-Ion berkapasitas 1500mAh saja. Sementara Samsung Galaxy J1 diberi baterai yang lebih besar dengan kapasitas 1850mAh.

Harga Samsung Galaxy Ace 4 vs Galaxy J1

Untuk harga, sebagaimana situs Lazada Indonesia, untuk saat ini, handset Samsung Galaxy Ace 4 sudah dapat dibeli mulai dari harga Rp. 1,2 jutaan. Sementara Samsung Galaxy J1 dibanderol dengan harga Rp 1,5 jutaan.

Share.

Leave A Reply