RANCAH POST – Samsung Galaxy V dan Asus Zenfone 4 memang dua handset yang cocok satu sama lain. Selain hadir di kelas yang sama, keduanya juga dibanderol dengan harga yang berbeda. Namun meski begitu, bukan berarti performa dari kedua handset ini setara, karena bagaimanapun, Asus Zenfone 4 ini merupakan salah satu handset andalan Asus di awal 2014 lalu. Dan ia juga membawa nama besar Zenfone yang dikenal sebagai handset smartphone canggih dengan banderol harga yang bersahabat di Asia.

Sementara itu, Samsung Galaxy V sendiri hanyalah sebagai pemeran pembantu bisa dikatakan, karena bagaimanapun, handset ini merupakan smartphone Samsung yang sengaja dirancang untuk menjajal pasar kelas menengah ke bawah, dengan banderol harga yang cukup rendah. Usianya sendiri masih terbilang cukup muda, karana ia dikenalkan untuk pertama kalinya pada akhir September 2014 lalu.

Nah, tapi dari pada kita terus berbicara hal yang tidak pasti dan membandingkan harga dan kualitas secara kasar, lebih baik kita langsung saja bandingkan kedua handset ini secara langsung. Baik dari segi performa, spesifikasi maupun harga.

Spesifikasi Samsung Galaxy V G313 vs Asus Zenfone 4

Di sisi layar, keduaanya bisa dikatakan setara, karena sama-sama mengusung layar berteknologi TFT berukuran 4 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel dengan kepadatan mencapai 233ppi. Kedua layar ini juga mendukung teknologi multitouch, yang memungkinkan handset untuk menerima banyak sentuhan dalam waktu bersamaan. Namun bedanya, layar pada Asus Zenfone 4 dilindungi dengan Gorilla Glass 3 buatan Corning. Sehingga lebih tangguh ketimbang Galaxy V yang tanpa perlindungan.

Dimensi body dari Asus Zenfone 4 juga terbilang lebih ringan dan tipis dibanding Galaxy V. Lihat saja, Zenfone 4 hadir dengan dimensi body sebesar 124.4 x 61.4 x 6.3mm sementara Samsung Galaxy V G313 membawa dimensi body berukuran 121.4 x 62.9 x 10.7 mm.

Lebih dalam lagi di kamar pacu, anda akan menemukan CPU berkecepatan 1,2GHZ dengan 512MB RAM pada handset Samsung Galaxy V. Dengan ruang simpan sebesar 4GB, handset ini menjalankan Android 4.4.2 KitKat sebagai OS andalan.

Sementara itu, Asus Zenfoen 4 malah lebih unggul dengan chipset Intel Atom Z2520 yang menggunakan CPU DUal-core 1,2GHZ, GPU PowerVR SGX544MP2 dan 1GB RAM sebagai perangkat pacu. Ia juga hadir dalam dua varia ukuran memory, yakni 4 dan 8GB yang mana keduanya sama-sama menjalankan Android v4.3 JellyBean sebagai OS utama. namun tenang, meski menggunakan OS yang terbilang jadul, handset ini sudah dilengkapi dengan jaminan upgrade ke OS Android v4.4.2 yang lebih baru, sama dengan yang dibawa oleh Galaxy V. Oh ya, kedua handset ini juga dilengkapi dengan slot microSD dengan kapasitas maksimal mencapai 64GB.

Untuk sektor kamera, keduanya tampak tidak terlalu hebat. Kamera depan pada kedua handset ini hanyalah kamera VGA saja. Sementara untuk kamera utama Asus Zenfone 4 hadir lebih unggul dengan 5MP kamera utama yang dilengkapi dengan autofokus, Panorama dan face detection. Kamera ini juga mampu merekam video dengan kualitas 1080p@30fps. Sementara kamera pada handset Samsung Galaxy V hanya sebatas 3,15Mp saja, yang hanya mampu merekam video dengan kualitas 420p@30fps, meski dilengkapi dengan LED Flash.

Untuk konektifitas, keduanya sama-sama menggunakan fitur dual-SIM MicroSIM dengan jadirngan GSM 2g dan 3G HSPA. Dan untuk fitur tambahan, tersedia WiFi 802.11 /b/g/n lengkap dengan WiFi Direct dan Hotspot. Serta ada pula Bluetooth 4.0 dan microUSB v2.0, dan tidak ketinggalan dengan fitur GPS.

Untuk masalah baterai Samsung Galaxy V menggunakan batipe Li-Ion dengan kapasitas 1500mAh. Sementara Asus Zenfone 4 menggunakan baterai bertipe Li-Po dengan kapasitas 1200/1600mAh.

Harga Samsung Galaxy V G313 vs Asus Zenfone 4

Untuk masalah harga, sebagaimana situs Lazada Indonesia, handset Samsung Galaxy V G313 dibanderol mulai harga Rp. 1,1 jutaan. Sementara Asus Zenfone 4 ditawarkan mulai harga Rp 1,25 jutaan. bagaimana, mau pilih salah satu?

Share.

Leave A Reply