RANCAH POST – Berbelanja aplikasi di Apple App Store kini menjadi masalah. Terlebih untuk para pengguna handset iPhone 6 dan iPad Air 2. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih mendalam, rumor yang sebelumnya mengatakan tentang eror yang terjadi dengan fitur TouchID akhirnya terbukti benar. Dan bukan hanya kedua handset tersebut saja, menurut laporan yang lebih detail, hampir semua handset Apple dengan fitur ini terkena dampakya, termasuk iPhone 5s dan iPhone 6 Plus.

Masalah ini sendiri muncul ketika pengguna akan melakukan puchase terhadap sejumlah aplikasi berbayar di App Store. Ketika akan melakukan pembayaran, pengguna diwajibkan memasukan sandi atau sidik jari mereka melalui fitur TouchID. Namunssayang, fitur ini tidak berhasil, meskipun pengguna telah memeriksa dan meyakinkan bahwa fitur TouchID pada handset mereka ini telah aktif.

Selanjutnya, beberapa penggunapun mengaku telah mencoba menonaktifkan fitur ini dan meneruskan pembelian. Namun usahanya tetap gagal. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengunduh aplikasi dari toko resmi Apple tersebut hanya dengan menonaktifkan fitur verifikasi. Namun ini hanya bekerja untuk aplikasi gratis saja, tidak dengan yang berbayar.

Sebagaimana dilansir laman Apple Insider (10/04/2015), hingga saat ini masih belum ada respon yang detail dari pihak Apple sendiri, terkait masalah ini. Namun yang pasti, Apple takan diam begitu saja, setelah mendengar masalah ini.

Masalah ini sendiri kemungkinan disebabkan oleh update terbaru iOS 8.3, yang meluncur beberapa waktu lalu. Meski dikatakan telah membawa berbagai pembaruan dan perbaikan bug, tampaknya update ini malah memperparah keadaan, dengan menghadirkkan bug yang lebih besar. Bukan hannya untuk pembelian, masalah TouchID ini juga mengakibatkan pengguna kesulitan ketika membuka ponsel mereka, dan melakukan transaksi lewat Apple Pay.

Share.

Leave A Reply