RANCAH POST – Samsung Galaxy E5 dan Apple iPhone 4s memang bukanlah dua handset dari jaman yang sama. Namun keduanya bisa dikatakan duduk di kelas yang sama. Baik dari segi harga maupun kegaharan spesifikasi. Yap, bbenar, jika berbicara soal harga dan spesifikasi, selisih umur yang terpaut jauhpun sudah bukan lagi masalah, untuk kedua handset ini dapat bersanding.

Samsung Galaxy E5 hadir di awal Januari lalu oleh Samsung , sementara iPhone 4s dirilis Apple pada pertengahan 2010 silam. Namun meski sudah cukup lama, kita tidak bisa begitu saja meremehkan handset buatan Apple ini. Karena bagaimanapun, handset lawas dari Apple ini masih ramai dijual di pasaran, dan masih memiliki beberapa peminat setia, yang tidak tergoyahkan dengan kehadiran dari handset yang lebih baru, seperti iPhone 5s maupun iPhone 6.

Spesifikasi Samsung Galaxy E5 vs iPhone 4s

Di segi desain, kita akan melihat perbedaan yang amat menonjol, terutama di bagian ukuran. Handset iPhone 4s hadir dengan ukuran ponsel jaman dulu, dengan dimensi sebesar 115.2 x 58.6 x 9.3 mm dan bobot seberat 135gram. Dimensi body ini membungkus sebuah layar berteknolgi LED-backlit IPS LCD berukuran 3,5 inci dengan resolusi 640 x 960. Memang kecil, namun kepadatan layarnya menjadi cukup tinggi, yakni 330ppi. Layar ini juga dilindungi dengan pelindung layar Gorilla Glass buatan corning.

Sementara itu, handset Samsung Galaxy E5 hadir dengan dimensi yang lebih besar, yakni 141.6 x 70.2 x 7.3 mm dan dengan teknologi layar baru, Super AMOLED kembangan Samsung, dengan ukuran sebesar 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel, sehingga menghadirkan kepadatan layar yang lebih rendah dari iPhone 4, yakni sekitar 294ppi.

Di ruangpacu, anda akan menemui chipset Apple A4 bertenagakan prosesor Cortex-A8 1GHz yang didukung GPU PowerVR SGX535 dan 512MB RAM pada handset iPhone 4s. Apple juga menyediakan 3 varian ukuran ruang simpan untuk handset ini, yakni 8, 16 dan 32GB. Adapun sistem operasi yang dijalankan adalah OS iOS 4 dengan jaminan upgrade ke iOS 7.1.

Sementara itu, handset Samsung Galaxy E5 dibekali dengan prosesor wuad-core berkecepatan 1,2GHz yang didukung dengan 1,5GB RAM. Lebih gahar bukan? Sementara untuk ruang simpan, Samsung membekali handset ini dengan 16GB ruang dan dukungan slot microSD dengan kapasitas maksimal sebesar 64GB.

Kamera utama pada handset Samsung Galaxy E5 berekuatan 8MP yang dilengkapi dengan fitur unggul seperti LED Flas, Autofokus dan lainnya. Serta untuk kamera depan, sebuah sensor berkekuatan 5MP telah ditanamkan di bagian itu. Sementara handset iPhone 4s malah sebaliknya, dimana sensor kamera berkekuatan 5MP justru jadi kamera utama, dan kamera depannya hanya bertenaga kamera VGA saja.

Konektifitas pada kedua handset ini juga bisa dikatakan setara. Meski mungkin Samsung Galaxy E5 lebih unggul dengan fitur dual-SIM miliknya, sementara iPhone 4s hanya menggunakan single-SIM saja. Diluar semua itu, koneksi yang dibawa oleh keduanya adalah koneksi 3G HSUPA yang disertai jaringan 2G (GPRS/EDGE) untuk wilayah tanpa jaringan 3G.

Adapun fitur linnya yang dibawa oleh kedua handset ini diantaranya adalah WiFi, USB port, serta Bluetooth. Versi 4.1 pada Samsung Galaxy E5 dan versi 2.0 untuk iPhone.

Sementara untuk daya baterai, iPhone 4s akan lebih boros dadn cepat habis dayanya, karena hanya menggunakan baterai berkapasitas 1420mAh, sementara Samsung Galaxy E5 tampil lebih gagah dengan baterai Li-Ion berkapasitas 2400mAh.

Harga Sasmsung Galaxy E5 vs Apple iPhone 4s

Untuk harga, sebagaimana situs Lazada Indonesia, Update harga iPhone 4s per Maret 2015 ini dibanderol mulai harga Rp. 2,5 jutaan hingga Rp. 3,6 jutaan. Sementara Samsung Galaxy E5 dibanderol dengan harga Rp. 3,4 jutaan.

Share.

Leave A Reply