Rancah POST – Sementara kita semua sedang bersemangat menyambut kehadiran dari sistem operasi baru Microsoft, Windows 10 untuk desktop, dengan terus mengikuti berbagai bocoran dan informasi terberu, sepasang hacker di belahan dunia lain malah telah merilis sebuah sistem operasi Windows yang baru.

Bukan Windows 10, dan berbeda dari Windows 8. Sistem operasi yang sama-sama menggandeng nama Windows ini mengambil nama Windows 93. Dengan tampilan klasik yang sangat populer di tahun 90-an, sistem operasi ini hadir dengan berbagai kejutan dan pengalaman menarik untuk anda.

Adalah Jankenpopp dan Zombectro, sepasang hacker sekaligus seniman yang telah menggagas projec unik ini sejak bulan Oktober lalu. Dan luar biasanya, sistem operasi unik ini dapat rampung hanyadalam waktu singkat. Karena beberapa waktu lalu, versi lengkap dari OS ini elah disebar di situr Reddit.

Mengambil kategori sebagai Sistem Operasi, Windowss 93 ini justru tampil dengan “wajah” yang hampir sama dengan Windows 95 yang mengangkat nama besar Microsoft dan Windows kala itu. Dan bukan hanya tampilan saja, seperti dilansir laman Neowin ( 09/03/2015), icon dan aplikasi yang disertakan di dalamnyapun ternyata merupakan versi parodi dari Windows 95. Seperti Internet Explore misalnya. Dalam Windows 93 terdapat aplikasi browser bernama “Cat Explore.”

Tidak berhenti sampai di situ saja, aplikasi edit gambar andalan Windows-pun, Pain turut hadir di Windows 93 ini. Namun dengan nama yang berbeda, yakni Piskel. Adapun permainan lainnya, diantaranya adalah game tiruan Wolfenstein, bernama Castle GAFA 3D. Parodi dari Solitare dengan nama Solitude, dan masih banyak program lainnya.

Meski bukan ditujukan sebagai sistem operasi primer, melainkan hanya untuk lelucon dan bersenang-senang. Project parodi ini banyak disukai para pengguna, karena dirasa mampu menghadirkan kembali nuansa klasik dari sistem operasi Windows era 90an. Dan jika anda ingin mencobanyapun, saya rasa tidak ada salahnya. Bahkan anda dapat berbagi pengalaman anda seputar Windows 93 ini dengan pengguna lain, di berbagai forum yang mulai muncul belakangan ini.

Share.

Leave A Reply